99 Apoteker Lulusan USB, Diwisudha

SURAKARTA, (tubasmedia.com) – Sebanyak 99 mahasiswa dari Program Studi Profesi Apoteker Fakultas Farmasi Universitas Setia Budi (USB) Surakarta diantik dan disumpah sedbagai Apoteker, Rabu (2/10/2019) di Gedung Wanita Sasana Krida Kusuma Surakarta.

Ke-99 mahasiswa tersebut berhak menyandang gelar Apoteker dan sekaligus berprofesi sebagai Apoteker. Sampai saat ini, USB telah menggelar Sumpah Profesi yang ke-XXXVI bagi Program Studi Profesi Apoteker dan telah menghasilkan lulusan sebanyak 3.979 Apoteker.

Dalam sambutannya, Rektor USB, Djoni Tarigan menyatakan dengan penuh rasa bangga, USB mengembalikan 99 orang apoteker handal ini kepada masyarakat, bangsa dan negara untuk ikut serta memajukan pelayanan kesehatan di bidang farmasi di seluruh Indonesia.

Para Apoteker baru ini merupakan Sumber Daya Manusia Indonesia yang memiliki kemampuan secara kognitif, afektif dan psikomotorik pada level 7 sesuai Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Rektor USB juga menegaskan bahwa memasuki era revolusi industri 4.0, para lulusan harus menjadi Apoteker “milenial”.

Revolusi industri 4.0 menekankan pada pola digital economy, artifisial intelegence, big data, robotic. Maka para apoteker harus menjadi apoteker yang istimewa, yang membekali diri dengan skill, innovation, attitute dan professional.

Era revolusi industri 4.0 tidak hanya menuntut tingginya profesionalisme kerja apoteker, namun juga kecerdasan pemanfaatan teknologi dan kompetensi di bidang sosial.

Sementara itu Ketua Program Studi Profesi Apoteker USB, Opstaria Saptarini menyebut,  para apoteker baru ini sudah menempuh kegiatan akademik selama 2 semester yaitu perkuliahan dan Praktek Kerja  Profesi Apoteker (PKPA)

Ditambahkan bahwa dari 99 lulusan pada periode ini, 40 peserta dinyatakan lulus dengan predikat Cum Laude, 49 peserta dinyatakan lulus sangat memuaskan, dan 10 peserta dinyatakan lulus dengan memuaskan. (roris)

Berita Terkait

Komentar

Komentar