AJB Gelar Kesenian Khas Jabar

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, (Tubas) – Anjungan Jawa Barat (AJB) di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pekan lalu menggelar kesenian, bazaar dan pameran produk khas Jawa Barat dengan tema “Semalam di Kota Cirebon” atau Abyaring Caruban Kanda (ACK). Hadir pada kesempatan itu sejumlah Duta Besar negara sahabat di antaranya Somalia, Libanon, Portugal, Yaman, Bosnia, Jepang dan pejabat Pemprov Jabar dan Direksi TMII.

Pagelaran ACT merupakan paket acara khusus malam dengan menampilkan enam paket kemasan pendukung acara yang dapat disaksikan malam hari ini. Suguhan dan persembahan dari kota Cirebon di antaranya pameran produk home industry unggulan dari lima kabupaten dan kota se-Jawa Barat, paket seni batik dan seni musik maupun seni tari yang ditampilkan oleh para seniman dan seniwati Kota Cirebon.

Sejumlah jenis tarian tradisional khas Jabar menampilkan pergelaran sebuah tarian penyambutan atau tari persembahan, yang dibawakan oleh enam remaja putri seniman tari langsung Cirebon. Tari yang merupakan hasil cipta karya seorang seniman Handoyo telah mengangkat nama “Teater Koma” Kota Cirebon.

Tarian khas Jabar yang ditampilkan di antaranya Tari Barong yang diperagakan oleh seniman dan seniwati kota Cirebon dan beberapa adegan tari lainnya seperti Tari Topeng Klana, Tari Jala Sutra yang didukung oleh seniman musik handal dan peragaan busana pengantin khas Sunda dan Cirebon.

Direktur Operasional TMII Ade F Meiliala memberikan penghargaan kepada para pendukung acara Aneka Bazaar Produk Penjualan dan Pameran dari Kabupaten dan Kota se-Provinsi Jawa Barat. Juara I dari Kabupaten dan Kota Majalengka. (gunawan)

Berita Terkait

Komentar

Komentar