Aktifitas Ekonomi Bertahap Dibuka, Sektor Industri Prioritas

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Pemerintah sudah menerbitkan panduan bagi karyawan untuk bekerja di tengah pandemi Corona. Meski sudah ada protokolnya, pengusaha menilai pembukaan kembali aktivitas ekonomi harus bertahap sektor per sektor.

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Roeslani menilai sektor industri harus dibuka duluan. Menurutnya, penerapan protokol kesehatan COVID-19 akan bisa teratur diterapkan di pabrik-pabrik.

“Perlu dibuka duluan adalah yang menyangkut industri, pabrik. Karena saya tahu industri besar menjalankan protokol COVID lebih teratur,” kata Rosan di Jakarta, Senin (25/5/2020).

Salah satu contoh protokol kesehatan ketat adalah pengerahan tenaga kerja yang dikurangi kapasitasnya.

“Pembicaraan saya ke beberapa asosiasi dan perusahaan mereka menjalankan ini dari segi manusianya berkurang 40-50% dari kapasitas totalnya,” ujar Rosan.

Rosan menyebut bahwa sektor yang bisa menyerap banyak tenaga kerja juga harus didahulukan. Pasalnya, imbas Corona banyak yang jadi pengangguran.

“Memang kalau menurut saya sektor yang bisa melakukan penyerapan tenaga kerja harus diprioritaskan terlebih dahulu. Ini kan jadi potensi masalah juga kalau makin banyak yang menganggur,” ungkap Rosan. (sabar)

Berita Terkait

Komentar

Komentar