Antisipasi Kebakaran Lereng Gunung Sipinsur Meluas, Dosmar Kerahkan Damkar

DOLOKSANGGUL, (tubasmedia.com) – Untuk mencegah terjadinya kebakaran  akibat kemarau yang berkepanjangan, seluruh warga masyarakat diimbau untuk tidak melakukan pembakaran lahan  di sekitar kawasan lereng bukit  Danau Toba, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas).

Demikian disampaikan Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor melalui Camat Paranginan, Parlin Siahaan ST di Sipinsur kepada tubasmedia.com Selasa 31/5malam saat memantau titik api di lereng bukit daerah Sipinsur Desa Pearung Kecamatan Paranginan.

Kata Parlin, bupati  telah memerintahkannya agar meneruskan pesan di grup perangkat desa melalui aplikasi pesan WhatsApp  (WA) agar masyarakat di kawasan lereng bukit tidak melakukan pembakaran lahan. Bahkan kata dia, Bupati telah  mengerahkan mobil pemadam kebakaran (Damkar) untuk berjaga-jaga agar semak-semak yang terbakar tidak meluas dan merambah ke ladang warga terutama  pemukiman di sekitar lereng gunung Sipinsur.

“Damkar telah diturunkan dari Doloksanggul ke Sipinsur untuk mengantisipasi kebakaran semak-semak semakin meluas”jelasnya.

Api telah membakar semak-semak mulai kemarin di sekitar lereng Sipinsur Pearung dan api sangat jelas terlihat dari Kecamatan Muara Kabupaten Tapanuli Utara.

“Saya memantaunya dari Muara dan benar dari laporan masyarakat telah terjadi kebakaran di lereng bukit Pearung,”jelasnya

Pantauan wartawan di lapangan di Humbahas dalam sebulan terakhir telah terjadi kemarau panjang dan tiupan angin yang cukup kencang menjadikan daerah itu kering dan gersang.

Bahkan para petani juga sudah sangat mengharapkan hujan turun karena tanaman mereka dikhawatirkan gagal panen akibat kekeringan.(edison ompusunggu)

Berita Terkait