Bagi Jokowi, Prabowo Bukan Lawan yang Sebanding

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin menyebut Jokowi tak ada persiapan khusus menjelang debat nanti. Pasalnya, TKN menilai Prabowo bukan lawan yang sebanding bagi Jokowi.

“Prabowo bukanlah lawan tanding yang sebanding bagi Jokowi di Pilpres 2019,” kata Direktur Kampanye TKN Benny Ramdhani dalam keterangannya, Kamis (17/1/2019).

Menurut Benny, ada beberapa faktor pembeda dalam pilpres kali ini dibanding Pilpres 2014. Pertama, status Jokowi yang saat ini menjadi petahana.

“Kedua, Pak Jokowi tampil di panggung debat capres yang akan berhadapan dengan capres yang dikalahkannya di pemilihan presiden sebelumnya. Sementara Prabowo sadar dan ingat betul bahwa di panggung debat capres kali ini, dia sedang menghadapi capres yang pernah mengalahkannya di pilpres 5 tahun sebelumnya,” jelas Benny.

Alasan ketiga, menurut Benny, dalam debat nanti, Jokowi akan menyampaikan gagasan yang bersifat praktis dan faktual. Sedangkan Prabowo, yang dinilai belum memiliki pengalaman dalam pemerintahan, menurutnya, hanya akan menyampaikan gagasan yang teoritis dan bersifat utopis.

“Kesimpulan dari tiga hal faktor pembeda di atas bahwa kami menyakini Pak Jokowi akan tampil dengan tenang dan semua materi debat, baik ide, gagasan dan program aksi yang merepresentasi visi-misi capres 01 akan mengalir dengan baik. Demikian juga saat Pak Jokowi meladeni pertanyaan-pertanyaan yang akan disampaikan oleh capres 02,” ujarnya.

Benny lalu menilai kondisi berbeda akan dialami Prabowo karena Prabowo tidak punya pengalaman dalam pemerintahan. Benny juga menyebut Prabowo akan grogi atau nervous karena memiliki ‘luka batin’ saat berhadapan dengan Jokowi, yang juga pernah ditantangnya 5 tahun lalu.

“Sehingga kami meyakini, debat pilpres secara keseluruhan akan dimenangkan Jokowi dan secara elektoral akan berdampak pada naiknya persentase dukungan rakyat kepada pasangan capres 01 Jokowi-KH Ma’ruf Amin,” katanya. (red)

Berita Terkait

Komentar

Komentar