Balikpapan Miliki Kesenian Lokal

Laporan : Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

BALIKPAPAN, (Tubas) – Sekretaris Lembaga Adat Paser, Ahmad Noer membantah kalau Balikpapan tidak memiliki budaya dasar dan kesenian lokal. Menurutnya, justru suku Paser yang merupakan salah satu suku asli di Kota Beriman memiliki puluhan tari dan berbagai adat istiadat yang sampai kini tetap terjaga kelestariannya.

“Kami jelas memiliki kesenian lokal,” kata Noer. Dia mengutarakan, untuk tarian lokal ada makna dan daya magis di dalamnya. “Sebab para leluhur dulu menciptakan sebuah tarian melalui berbagai upacara dan tahapan yang penuh magis. Sehingga adat benar-benar dijaga kelestariannya,” terang Noer.

Sementara itu, Abdul Rahim mengumpamakan bahwa adat itu seperti kitab Alquran yang rusak, yakni dibaca tidak bisa, tapi dilangkahi tidak boleh. Begitu juga dengan adat, di mana dibaca tidak terlihat dan dilanggar tidak boleh karena bisa kualat.

Karena tarian merupakan bagian adat istiadat, lanjut Rahim, maka tidak bisa diklaim begitu saja sebagai ciri khas suatu daerah. Dia beranggapan, Balikpapan sendiri sudah ada empat unsur dasar budaya yakni Kutai, Paser, Dayak dan Banjar.

“Silahkan menciptakan tarian baru, tetapi belum tentu bisa diklaim sebagai tarian khas Balikpapan,” ujar Rahim. ***

Humbanghas
Humbanghas

Berita Terkait

Komentar

Komentar