Bank Bukopin Salurkan Kredit Koperasi Swamitra

Laporan : Redaksi

Bank Bukopin

Bank Bukopin

TASIKMALAYA, (Tubas) – Menumbuhkembangkan simpan-pinjam di kalangan anggota dan memacu pertumbuhan usaha dalam rangka peningkatan kesejahteraan anggota koperasi, Bank Bukopin Cabang Tasikmalaya mengembangkan unit usaha dengan mengucurkan kredit melalui koperasi yang sudah menjalin kerjasama atau sistem swamitra.

Pimpinan Cabang Bank Bukopin Cabang Tasikmalaya, Zulfikar Andiko didampingi Staf Pengawas Operasional Swamitra (POS), Agus Pamungkas, mentargetkan jumlah koperasi swamitra tahun 2011 bertambah enam swamitra baru.

“Sampai awal tahun 2011, swamitra Bank Bukopin Cabang Tasikmalaya yang membawahi daerah Kabupaten/Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kabupaten Garut tercatat 19 swamitra dengan nilai kredit mencapai Rp 53,2 miliar,” ungkapnya.

Dari 19 swamitra itu, dua swamitra di antaranya Swamitra Wina Parigi, Ciamis dan Swamitra Wina Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya. Menurut dia total aset yang dimiliki swamitra tersebut sekarang mencapai Rp 66,8 miliar dengan jumlah Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar Rp 8,7 miliar.

“Dari 19 swamitra itu, SHU sudah mencapai Rp 116,7 juta dengan saldo sebesar Rp 44 miliar dan anggota swamitra keseluruhan berkisar antara 10 ribu sampai 12 ribu anggota atau asumsi per swamitra sekitar 1000-an anggota,” katanya.

Melalui ketersediaan swamitra tersebut diharapkan secara otomatis membuka peluang akses permodalan bagi koperasi yang merasa menghadapi banyak kendala dalam kerjasama dengan bank atau lembaga keuangan lainnya. (hakri/dadang)

Berita Terkait

Komentar

Komentar