Bappeda Probolinggo Sosialisasikan Strategi Penanggulangan Kemiskinan

bappeda

PROBOLINGGO, (tubasmedia.com) – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Probolinggo menggelar sosialisasi Strategi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (SPKD) 2015 di Hall Puri Manggala Bhakti Kantor Wali Kota, Rabu (18/2/2015).

Wali Kota Probolinggo Rukimini didampingi Sekdakot Johny Hariyanto, dan Ketua DPRD Rudy Ghafur membuka dan memberikan arahan kepada peserta soslialisasi yang berasal dari Bappeda, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), anggota DPRD, camat, lurah, dan BUMD, yang termasuk dalam Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kota Probolinggo.

Menurut Rukmini, diperlukan sinergitas antara pemerintah daerah, BUMD, dan stakeholder lainnya agar angka kemiskinan semakin menurun. “Ada sekitar 71.567 penduduk Kota Probolinggo masuk dalam penduduk miskin terdata dalam program Jamkesda dan Jamkesmas tahun 2013,” katanya.

Untuk itu, program-program antara pemerintah kota dan provinsi untuk lebih disinergitaskan. Pemprov telah memberikan bantuan dalam upaya Pemkot Probolinggo untuk lebih menyosialisasikan adanya program tersebut dalam rangka meningkatkan perekonomian keluarga,” katanya.

Selain itu, yang perlu ditingkatkan, aspek kelembagaan. Menurutnya, kelembagaan penanggulangan kemiskinan sekarang ini dalam bentuk Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPD). Kelembagaan tersebut diharapkan dapat memberikan sinergitas untuk mengatur stakeholder dalam menanggulangi kemiskinan. (haroem)

Berita Terkait