Bareskrim Polri Koordinasi Bersama KPK Usut Tiga Kasus Korupsi Besar

index

JAKARTA, (tubasmedia.com)-Langkah upaya pengusutan tiga kasus dugaan terkait kejahatan korupsi berskala besar akan dimulai setelah lebih dulu dikoordinasikan dengan Komisi pemberantasan Korupsi (KPK).

Untuk itu, Kepala Bareskrim Polri Komjen Budi Waseso dalam waktu dekat akan berkunjung ke KPK.

Menanggapi konfirmasi tubasmedia.com, Selasa (28/4/15) di Mabes Bareskrim Jakarta, Budi membenarkan, kunjungannya itu adalah untuk melakukan koordinasi dengan KPK terkait pengusutan tiga kasus dugaan korupsi besar.

“Secepatnya saya mau ke KPK, berkoordinasi dengan KPK. Kami kan tengah menangani tiga kasus korupsi besar. Kami ingin bersinergi,” jelas Budi.

Menurut Budi, koordinasi tersebut dilakukan karena ketiga kasus korupsi yang sedang dalam pengusutan Polri itu juga pernah dilaporkan ke KPK sebelumnya. Dia ingin memastikan sudah sejauh mana penyidik dari KPK melakukan porses hukum kasus-kasus tersebut.

“Karena di penyidik kami penyelidikan sudah berjalan, pengumpulan bahan keterangan juga sudah. Kita mau meningkatkan statusnya ke penyidikan, makanya kita mau koordinasi dulu,” jelasnya.

Ditegaskan Budi, jika penyidik KPK masih pada tahap pengumpulan bahan keterangan atau penyelidikan perkara, penyidik Bareskrim Polri hendak mengambil alih perkara itu. diharapkan penyidik KPK turut menjadi pengawas penanganan kasus tersebut.

Menurut Budi, sinergi, koordinasi, seperti ini memang harus dibiasakan. Ke depan, Polri mengedepankan sinergi lembaga penegak hukum, Sebab sinergi antara lembaga penegak hukum harus dibuktikan dan bukan hanya menjadi wacana semata. (marto tobing)

Berita Terkait