BBI Tlogowaru Sediakan Bibit Ikan Unggul

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

MALANG, (TubasMedia.Com) – Kabar gembira bagi warga Malang dan sekitarnya yang menekuni budidaya ikan air tawar. Untuk mendapatkan bibit ikan berkualitas tidak perlu jauh-jauh. Balai Benih Ikan (BBI) Trogowaru, Kota Malang, sudah menyediakan bibit-bibit unggul.

Ada beberapa benih ikan yang dibudidayakan di BBI Tlogowaru, di antaranya ikan lele, ikan mas dan ikan nila. Berbagai bibit ikan konsumsi itu dijual dengan harga bersaing dengan kualitas prima.
Kepala UPT Dinas Pertanian Kota Malang, Januar Kurniawan, mengungkapkan, untuk jenis lele, ikan nila dan ikan mas, stok cukup. Sebanyak 30 kolam bibit ikan melayani bibit untuk para peternak di Malang Raya.

“Beda dengan bibit yang didatangkan dari luar kota, bibit yang kami produksi jelas lebih bisa cepat beradaptasi jika diternakkan di Malang, sebab ikan sudah beradaptasi dengan suhu dingin di Malang,” jelas Januar, baru-baru ini.

Melihat begitu besarnya potensi perikanan di Malang, Januar menyebutkan saat ini kapasitas pembibitan di kolam Tlogowaru terus digenjot. Harapannya, kalau selama ini pembibitan hanya bisa melayani partai kecil-kecil, maka ke depan harus bisa memenuhi permintaan dalam partai besar.

Harga bibit yang dijual di BBI Tlogowaru diakui Januar sangat bervariasi bergantung pada jenis ikan dan ukuran bibit. Bibit ikan lele ukuran 4 cm dijual Rp 80/ekor, nila ukuran 3-5 cm Rp 60/ekor, ikan mas/tombro ukuran 3-5 cm Rp 100/ekor. (yusron)

Topik :

Berita Terkait

Komentar

Komentar