Kondisi Hutan di Kawasan OKI, Rusak

Loading

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

OKI, (TubasMedia.Com) – Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), sejak Februari 2011 hingga Desember 2011 sudah menanam sedikitnya 36.661.953 batang pohon dari target 35 juta pohon. “ Hal ini bisa tercapai hasil kerjasama masyarakat, instansi dan BUMN Lingkungan Hijau,”kata Bupati OKI, Ir. H. Ishak Mekki, MM saat memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nosional (BMN) Gerakan Penanaman satu miliar di lapangan segitiga emas kota Kayuagung itu, Selasa lalu.

Ishak mengatakan, Pemkab Juga butuh kerjasama dengan masyarakat, kepala desa dan kecamatan agar menginventarisasi lahan kosong kemudian dilaporkan supaya bisa ditanami pohon.

”Semua jenis pohon sudah kita tanam di wilayah OKI, seperti Trembesi, Akasia, Jabon dan jenis lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten OKI, H. Ali Buddin, S.Sos mengungkapkan, jumlah hutan di wilayah OKI sekitar 920.000 hektar “Semua dalam kondisi rusak, sehingga harus dilakukan penanaman ulang,” kata Ali Buddin, seraya menambahkan, grup Sinarmas menggarap Hutan Tanaman Industri (HTI) di wilayah OKI sejak tahun 2004 mengantongi perizinan 585.000 ha, namun baru di lakukan penanaman 200.000 ha.

Menurut Kabid Perlindungan Hutan, Dinas Kehutanan OKI, Ir. Irawan Syafil, pihaknya telah memberikan bantuan sebanyak 30 ribu bibit pohon Jabon kepada masyarakat yang ada di OKI.

”Bantuan tersebut merupakan bantuan rutin yang berasal dari dana alokasi khusus tahun 2011, bukan hanya bibit kami juga memberikan bantuan pupuk seberat tiga ton kepada petani dan masyarakat dan di harapkan dengan bantuan ini dapat meningkatkan kesejahteraan,” tuturnya. (darman)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS