Lahan Persawahan Indonesia Terproduktif di Asia

Loading

index
JAKARTA, (tubasmedia.com) – Indonesia memiliki lahan persawahan padi terproduktif di Asia. Total lahan sawah Indonesia saat ini mencapai 4,9 juta hektar, demikian penilaian Organisasi pangan dan pertanian dunia atau Food and Agriculture Organization (FAO), di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Indonesia tertinggi dalam hal produktivitas padi di Asia, namun tingkat produktivitas sawah di Indonesia sempat tersalip oleh Vietnam dalam 3 bulan terakhir kendati lahan sawah Vietnam tidak lebih banyak dari Indonesia.

‘’Vietnam hanya menerapkan sistem pertanian intensif dengan menggenjot frekuensi pemupukan daripada pertanian di Indonesia,’’ kata Assistant FAO Representative Indonesia Ageng Setiawan Herianto saat diskusi di Menara Thamrin, Jakarta, kemarin.

FAO menilai penggunaan pupuk berlebihan tidak baik untuk keberlangsungan pertanian. Ageng menilai tingkat produktivitas sawah Indonesia relatif tinggi bahkan di daerah Papua angkanya di atas nasional.

Potensi produksi beras di Indonesia bisa meroket bila sistem irigasi dan teknis cocok tanam diperbaiki. Dari 4,9 juta hektar lahan persawahan, sebesar 52% area sawah tidak memiliki saluran irigasi yang baik. Selain itu, petani Indonesia masih bergantung pada orang di dalam proses cocok tanah. (ril/sabar)

CATEGORIES
TAGS