Meriah, Karnaval Budaya Memperingati Hari Jadi Ke-269 Kabupaten Sragen

Loading

IMG_3355

SRAGEN, (tubasmedia.com) – Karnaval Budaya, yang digelar dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-269 Kabupaten Sragen, berlangsung meriah, Minggu siang (31/5/2015). Ribuan warga memadati jalur yang dilewati iring-iringan karnaval.

Di pinggir ruas jalan, mulai perempatan pasar kota hingga terminal lama penuh dengan penonton. Konsentrasi penonton paling besar di sekitar panggung kehormatan yang terletak di depan Kantor Bupati Sragen.

Menurut Bupati Sragen, Agus Fatchur Rahman, penyelenggaran karnaval ini merupakan wujud syukur atas semua keberhasilan pembangunan di Sragen. Menurut Bupati, pelan tapi pasti kabupaten akan dicintai Indonesia dan dunia internasional.

Siaran pers Kodim 0725/Sragen menyebutkan, sekitar pukul 13.30 Wib, tontonan tahunan masyarakat Sragen dimulai. Tarian Janggrung Sukowati, yang diperankan oleh ratusan penari anak-anak, mengawali dimulainya karnaval. Setelah itu, seribu penari yang terdiri dari anak-anak Sekolah Menengah Pertama dengan apik menarikan Tari Gerbang Sukowati. Tak ketinggalan, Pergelaran Sendratari Kuncaraning Bumi Sukowati memukau penonton dengan penampilan drama pendek tentang sejarah terjadinya Kabupaten Sragen.

Menurut panitia penyelenggara, Drs. Totok Sutrisnanto, sekitar 34 kelompok yang tampil dalam karnaval. Mereka berasal dari masing-masing Satker, BUMD, BUMN, kelompok seniman, perwakilan sekolah, Polri dan TNI. Masing-masing kelompok tampil dengan tema berbeda. Seperti, Kelompok Sekretariat Daerah Kabupaten Sragen tampil dengan tema Bambu Vagansa. Dinas Kesehatan menampilkan tema “Colouring Life Style”.

Sementara kelompok Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) menampilkan Cerita Joko Tingkir. Sedangkan penampilan Marching Band dari Korem 074 Warastratama Surakarta mewakili TNI. Polres Sragen menampilkan pertunjukan beladiri dan debus yang diperankan oleh para Polwan. Karnaval berakhir sekitar pukul 17.00 Wib dengan penampilan kelompok pecinta sepeda onthel tua. (ril/ender)

CATEGORIES
TAGS