Nasdem : Kenapa Tidak dari dulu KPK Tetapkan Budi Gunawan Tersangka?

Loading

rio-capella

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat, Patrice Rio Capella mengkritisi sikap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menetapkan Komjen Pol Budi Gunawan sebagai tersangka di saat komisi hukum akan melakukan fit and proper test Budi sebagai calon Kapolri yang ditunjuk Presiden Joko Widodo.

“Sampai pada hari ini proses tinggal di ujung menyetujui atau tidak seorang Budi Gunawan jadi Kapolri tiba-tiba KPK mengeluarkan status tersangka, menurut kita proses ini agak berlebihan, karena tentu suka atau tidak suka diakui atau tidak proses ini pasti ada politisasi,” kata Patrice di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (13/1/2015).

Sekretaris Jenderal Partai Nasdem itu mengaku heran langkah KPK yang tidak menetapkan Budi Gunawan sebagai tersangka sebelum ditunjuk menjadi calon tunggal Kapolri. “Jabatan Budi Gunawan sebagai kepala biro itu kan sudah jauh sekali kenapa tidak dari dulu? Kenapa (ditetapkan) ketika di ujung saat melakukan proses politik tinggal dua hari (fit and proper test),” ujarnya.

Lebih jauh kata Rio, Komisi III DPR akan meminta penjelasan terhadap KPK soal penetapan Budi Gunawan sebagai tersangka rekening gendut itu. Menurutnya, pihaknya tetap memproses calon yang ditunjuk Jokowi sebagai Kapolri itu.

“Enggak mungkin presiden tarik (Budi Gunawan sebagai calon Kapolri karena ini lagi dijalankan memang ini main tarik ulur. Diteruskan atau tidak semua bisa terjadi. Kita dukung proses ini berjalan,” pungkasnya. (nisa)

CATEGORIES
TAGS