Pelaku UMKM Jabar Dapat Jaminan Kredit Daerah

Loading

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

BANDUNG, (TubasMedia.Com) – Para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Jawa Barat dapat menikmati jaminan kredit daerah. Sebab, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan akan segera meresmikan lembaga penjaminan kredit daerah. Namanya PT Jamkrida yang akan berperan sebagai lembaga penjamin kredit bagi para pelaku UMKM.

Menurut dia PT Jamkrida sudah dibentuk serta disahkan, sehingga dalam waktu yang tidak begitu lama segera beroperasi. Tujuannya agar para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat menyerap kredit yang sudah disiapkan Bank Jabar Banten (BJB), seperti Kredit Cinta Rakyat (KCR).

“Untuk mengoptimalkan penyaluran Kredit Cinta Rakyat, maka Pemprov Jabar membentuk perusahaan Penjamin Kredit Daerah (Jamkrida). Perusahaan dimaksud sudah dibentuk dan segera beroperasi,” ujar Heryawan kepada wartawan, pekan lalu.

PT Jamkrida, merupakan perusahaan yang berfungsi sebagai penjamin kredit. Pelaku usaha mikro dan kecil yang membutuhkan KCR tak harus memiliki agunan. “Agunan menjadi masalah bagi pelaku usaha mikro dan kecil selama ini bila hendak memperoleh kredit. Nantinya, masyarakat yang ingin memanfaatkan KCR tidak perlu agunan, karena usahanya sendiri dapat menjadi agunan,” jelasnya.

Heryawan menambahkan, tahap awal PT Jamkrida akan menjamin 75 persen agunan yang dibutuhkan. Ke depan, pada saatnya nanti, para pelaku usaha mikro dan kecil yang hendak mendapatkan KCR sama sekali tak perlu menyiapkan agunan, selain usahanya yang sudah berjalan.

Dalam RUPSLB tersebut, para pemegang saham BJB mengkritik jajaran direksi seputar belum optimalnya penyaluran kredit ke kalangan Usaha Kecil Menengah (UKM). Padahal BJB memiliki produk KCR yang didesain untuk pelaku UMKM, khususnya pengusaha mikro dan kecil. Untuk itu perlu upaya ekstra agar fasilitas kredit yang ada di BJB dapat diserap dan dimanfaatkan. (damanik)

TAGS

COMMENTS