Presiden Instruksikan Dijamin Ketersediaan Pangan dan Harga Terjangkau

Loading

joko-widodo

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Presiden Joko Widodo menginstruksikan jajaran pemerintahan agar menjaga terjaminnya ketersediaan pangan dengan harga terjangkau. Jika diperlukan mengadakan operasi pasar untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan stok pangan.

Demikian antara lain instruksi Presiden pada Rapat Terbatas membahas ketersediaan stok pangan selama Ramadhan dan Idul Fitri 1436 H, Rabu (3/6/2015), yang disampaikan Tim Komunikasi Presiden, Teten Masduki, dalam siaran pers Rabu petang.

Presiden Jokowi, lanjut Teten, juga menginstruksikan kepada Kapolri Jenderal Badrodin Haiti agar menindak tegas penimbun bahan bakar minyak (BBM) dan kebutuhan pokok. “Prioritaskan kendaraan pengangkut logistik dan berantas pungli agar distribusi pangan terjamin,” pinta Presiden sebagaimana dikutip dari laman Setkab, Kamis pagi.

Menurut Teten, Presiden juga memerintahkan para pejabat terkait agar menjaga inflasi ekstrem tidak terjadi selama Ramadhan dan Idul Fitri. “Caranya dengan memantau harga kebutuhan pokok, seperti: beras, daging, telur, cabai, bawang, dan sayuran,” katanya.

Presiden menegaskan, impor adalah solusi terakhir, dengan mengutamakan penyerapan hasil-hasil pertanian, perkebuan, dan perkebunan. (ril/ender)

CATEGORIES
TAGS