Program KB di Grobogan, Berhasil

Loading

Laporan: Redaksi

Bupati Bambang Pujiono

Bupati Bambang Pujiono

GROBOGAN, (Tubas) – Pengendalian meledaknya penduduk lewat program nasional Keluarga Berencana (KB) di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah sejak awal dipimpin Bupati Bambang Pujiono, hasilnya membanggakan dan mendapat penghargaan dari Presiden RI.

Penghargaan yang diterima melalui Wapres Budiono, adalah penghargaan tertinggi dalam bidang KB. Kabupaten Grobogan satu-satunya wakil Jawa Tengah yang memperoleh penghargan tingkat nasional. “Inilah bukti dari kerja keras kita semua”, ujar Bupati Grobogan.

Untuk mensukseskan program KB di daerahnya, Bambang Pujiono mempunyai berbagai kiat. Strategi yang berbeda dengan daerah lain pastinya. Dampaknya, rakyat Grobogan terutama yang tinggal dipedesaan, serta merta mau menerima dengan pemahaman utuh dan benar.

Untuk merangsang daya semangat kerja, Bupati Grobogan tak enggan memberi insentif pada 286 orang Petugas Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD), sebesar Rp 100.000 tiap bulan. Bantuan tersebut berjalan rutin lestari, sejak tahun 2006 hingga sekarang.

Bupati juga mendorong partisipasi seluruh perangkat pemerintahan desa, guna mensukseskan program KB. Diantaranya dalam wujud memberi dukungan pada PPKBD, dalam bentuk apapun. Tak jarang PPKBD memperoleh “jatah bengkok desa”, dari desa tem- pat tinggalnya.

Di tingkat kecamatan, Bupati Bambang Pujiono membentuk Unit Pelayanan The-nis (UPT). “Seluruh kecamatan telah kita bentuk UPT,dengan fungsi membantu menjalankan program KB ditengah masyarakat luas”, ujarnya. Dengan suksesnya program kependudukan itu, diharapkan rakyat Grobogan lebih makmur lagi kedepannya. (amary)

CATEGORIES
TAGS