Rantai Nilai Kehidupan

Loading

Oleh: Fauzi Aziz

Ilustrasi

Ilustrasi

SEPEDA tanpa rantai tidak akan bisa dikayuh. Ada rantainya, tapi jika satu atau lebih mata rantainya lepas, maka nilai guna rantai sebagai penggerak sepeda menjadi tidak optimal, bahkan tetap saja sepedanya tidak bisa dikayuh. Supaya bernilai guna, maka sebaiknya mata-mata rantai yang lepas atau rusak segera diperbaiki dan atau diganti baru agar sepedanya dapat dikayuh.

Rantainya-pun harus diberi pelumas supaya kayuhannya ringan dan tidak mudah rusak karena karatan. Rantai nilai kehidupan prosesnya secara mekanik seperti layaknya rantai pada sepeda. Dia akan menjadi bernilai guna jika ikatannya kuat sehingga roda kehidupan bisa berputar dengan baik.

Entah berapa banyak mata-mata rantai yang teruntai secara beraturan dalam satu rantai nilai kehidupan sehingga kehidupan itu bisa berputar untuk menghasilkan output kehidupan yang bernilai guna dan memberi manfaat secara material maupun imaterial. Ikatannya akan bisa menghasilkan nilai guna jika ada yang menggerakkan.

Tetapi menjadi tidak mendatangkan manfaat jika tidak ada yang menggerakkan.Yang menggerakkan itu adalah imam dan pemimpin yang tugasnya memimpin agar roda kehidupan dapat berputar dan perputarannya bisa ke arah mana saja. Dalam kehidupan, arahnya harus menuju ke tempat dimana manusia dapat menikmati kehidupan sesuai dengan tujuannya, yakni kebahagiaan dunia dan akhirat.

Mata-mata rantai ibaratnya sosok individu sebagai manusia seutuhnya yang memiliki kapasitas dan sikap hidup yang berbeda-beda karakteristiknya. Tapi karena dia itu adalah para play maker, para striker yang baik dan manakala sang imam atau sang pemimpin melihat mereka itu sebagai sebuah kekuatan, maka disatukanlah mereka itu dalam satu ikatan untuk bisa menjadi roda penggerak kehidupan yang akan menghasilkan output yang besar demi kesejahteraan dan kemakmuran bersama.

Semua mata rantai yang dalam hal ini adalah sosok individu yang punya kapasitas dan sikap hidup yang baik, memiliki kedudukan yang sama penting untuk menggerakkan roda kehidupan. Manusia sebagai mahluk sosial secara kodrati harusnya bisa membangun rantai nilai kehidupannya jika ingin mendapatkan nilai tambah yang bersifat ganda, baik bagi dirinya, keluarganya, masyarakat dan bangsanya.

Kekuatan dan daya saing masyarakat dan bangsa dapat dibangun dengan cara membangun ikatan rantai nilai yang menyatukan seluruh kapasitas dan sikap individu yang fitrahnya memang saling membutuhkan satu sama lain.

Para pemimpin yang merajutnya tiap-tiap satuan individu mata rantai dalam satu rantai untuk bergerak maju menciptakan nilai kehidupan yang akan menghasilkan banyak karya dan prestasi yang gemilang. Karya dan prestasi yang akan menghasilkan reputasi, saling pengakuan dan saling topang demi kebahagiaan bersama. ***

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS