RSBI di Jakarta Siap Dievaluasi

Loading

Laporan : Sari

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, (Tubas) – Kapan pun Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) akan melakukan evaluasi terhadap keberadaan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) dan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) mulai tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di wilayah Provinsi DKI Jakarta siap dievaluasi.

Optimisme itu meluncur dari mulut Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, H Taufik Yudi Mulyanto menjawab pertanyaan Tubas, pekan lalu, terkait informasi yang menyebutkan Kemendiknas akan melakukan evaluasi terhadap sekolah SBI ataupun RSBI di seluruh wilayah Indonesia.

Pemprov DKI Jakarta, lanjut Taufik, melalui Dinas Pendidikan selalu melakukan pembinaan dan pemantapan terkait peningkatan kualitas sumber daya manusia dan peningkatan perangkat lunak guna memperlancar proses kegiatan belajar mengajar (PKBM). “Secara prinsip semua sekolah SBI dan RSBI di Jakarta sangat siap, jika Kemendiknas selaku pihak yang menggulirkan komitmen jenjang sekolah SBI dan RSBI akan melakukan evaluasi,” tegasnya.

Kesiapan ini, tentu dilandasi pada kinerja Dinas Pendidikan yang selama ini secara intensif melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap sekolah-sekolah yang menyandang SBI dan RSBI, sehingga secara kualitas akademik diyakini mengalami peningkatan.

Realitas itu bisa dilihat dari fenomena yang saat ini terjadi, yaitu pada saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran 2011/2012, antusias calon orang tua siswa sangat tinggi untuk menyekolahkan putra-putrinya di sekolah SBI dan RSBI. “Jumlahnya jika dibandingkan dengan tahun lalu bisa mencapai tiga kali lipat lebih besar tahun ini. Dan pasti masyarakat secara langsung sudah memberikan penilaian terhadap sekolah yang terbaik buat menyekolahkan putra-putrinya,” katanya. ***

CATEGORIES
TAGS