SMA Swasta yang Berprestasi Nasional

Loading

Laporan: Redaksi

Siswa-siswi berprestasi SMA PGRI-2 Kayen

Siswa-siswi berprestasi SMA PGRI-2 Kayen

PATI, (TubasMedia.Com) – Walau berpredikat sekolah swasta, berada di ndeso (desa), SMA PGRI-2 Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, mampu berprestasi di tingkat nasional.

“Patut dipicu lagi agar ke depan prestasi lebih bagus,” kata Bupati Pati, Drs Haryanto, saat menerima siswa-siswa sekolah itu.

Kampus SMA PGRI-2 Kayen terletak di Kecamatan Kayen, 50 km selatan kota Pati. Tiga siswanya, Andri Kamarullah, Apriliani SM dan Ika PA (Kelas II), meraih Juara III Nasional pada Festival Film Krakatau di Lampung (FFK) dan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) di Jakarta, medio Oktober 2012.

Andri dkk membuat film dokumenter berjudul Memulung Ilmu dengan durasi 10 menit. Mengisahkan seorang anak bekerja keras sebagai pemulung, agar bisa membayar uang sekolah dan peralatan belajar. Akhirnya si anak itu dapat menyelesaikan sekolahnya walau pun perjuangannya terus berlanjut.

Ada pun Apriliani dan Ika melakukan penelitian bio pestisida berbahan kelotok (kulit randu kering). Abu kelotok itu bisa menjadi bio pestisida efektif dan harga relatif murah. “Penelitian akan di-update, lalu maju ke tingkat internasional, mudah-mudahan bisa juara lagi,” ujar Surata, Kepala SMA PGRI-2 Kayen. (heru chris)

CATEGORIES
TAGS