Tari Kuntulan “SMADA” Magelang Tampil di TMII

Loading

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, (Tubas) – Untuk melestarikan budaya kesenian daerah sekaligus promosi di bidang pendidikan dan kebudayaan, pihak Pemerintahan Kota (Pemkot) Magelang menampilkan kesenian khas daerah Kota Magelang yang diusung oleh Tim Tari Kuntulan “SMADA” Magelang di Anjungan Jawa Timur (AJTe) Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Minggu (30/11).

Kepala Seksi Promosi dan Informasi AJTe, Winarti Rahayu menjelaskan acara ini merupakan acara rutin dalam mempromosikan kesenian serta potensi-potensi daerah Jawa Tengah. Kesempatan ini Pemkot Magelang, dalam programnya mempromosikan budaya daerah serta menerapkan program pemerintah di bidang pendidikan dan kebudayaan.

Pemkot Magelang mengelar kesenian tradisonal yang dibawakan Tim Tari Kuntulan “SMADA” dari para siswa dari SMUN 2 Magelang yang pernah merebutkan juara 1 tingkat Kota Magelang dengan menampilkan Tari Laskar Tidar dan SMPN 4 Kota Magelang dengan menampilkan orkes Klunthung.

Menurut Winarti, Tarian Laskar Tidar merupakan sebuah kreasi tarian hasil kegiatan ekstra kurikuler tari SMA Negeri 2 Magelang dan sudah sering dimintai untuk pentas di berbagai instansi pemerintah antara lain di Dinas Pariwisata, AKMIL, Pemkot Magelang, Dinas Pendidikan Provinsi. “Ini menunjukkan para siswa antusias dengan kegiatan ekstra kulikuler kesenian daerah yang saat ini sedang disosialisasikan ke sekolah-sekolah,” ujar Winarti. Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pemuda Dan Olah Raga, Dra. R. Ay. Titi Haryani Mukti Ningrum. (audy)

CATEGORIES
TAGS