Van Gaal: Kesuksesan Mourinho Mengejutkan Saya

Loading

Van Gaal dan Mourinho muda saat masih bersama di Barcelona (gambar depor.pe)

Van Gaal dan Mourinho muda saat masih bersama di Barcelona (gambar depor.pe)

LOUIS van Gaal mengakui bahwa dirinya terkejut dengan bagaimana mantan asistennya Jose Mourinho menjadi salah satu manajer top dunia, dan mengatakan ia tidak bisa meramalkan hal itu.

Mourinho berada di tim pelatih Van Gaal selama mantra pertamanya bertugas di Barcelona, antara tahun 1997 dan 2000, dan kini keduanya akan berhadapan satu sama lain ketika Manchester United menjadi tuan rumah bagi Chelsea pada hari Minggu.

Sejak menjadi seorang manajer, Mourinho telah memenangkan Liga Champions dengan dua klub, yaitu Porto dan Inter Milan serta tujuh gelar liga di empat negara.

“Yang mengejutkan adalah bahwa sekarang ia adalah salah satu pelatih terbaik di dunia,” kata Van Gaal dalam konferensi pers. “Hal itu tidak dapat diramalkan.”

Van Gaal menolak untuk mengambil kredit apapun atas sukses Mourinho, percaya ia berterima kasih atas bantuan mentornya dan, tidak seperti banyak yang lain dalam olahraga, mau mengakui bantuan yang telah diterima.

“Dia adalah orang yang sangat sederhana dan emosional,” tambah Van Gaal. “Dia menunjukkan rasa terima kasihnya, tidak hanya untuk Louis van Gaal tetapi juga untuk Sir Bobby Robson. Saya menghargai itu, tapi anda melakukannya selalu untuk diri sendiri.”

“Saya juga magang ketika saya masih menjadi asisten pelatih untuk Leo Beenhakker di Ajax. Adalah baik bahwa mata saya terbuka pada waktu itu, dan itu selalu baik bahwa mata Jose Mourinho sangat terbuka saat ia menjadi asisten saya, tapi anda melakukannya untuk diri sendiri.”

Van Gaal memberi Mourinho banyak tanggung jawab ketika mereka bekerja bersama di Barcelona, mengatakan: “Saya sudah tahu dia memiliki bakat. Karenanya saya membiarkan dia untuk mengelola beberapa pertandingan Piala Catalonian untuk saya, saya membiarkan dia melakukan itu, bukan asisten saya yang lain. Tapi untuk melihat dia menjadi seorang yang menang di negara yang berbeda, semua sebagai juara. Saya pikir itu fantastis.”

Mourinho terkenal menggambarkan dirinya sebagai “Special One” dan Van Gaal mengatakan: “Saya pikir setiap manusia adalah istimewa karena setiap manusia memiliki identitasnya sendiri.”

“Ini adalah prinsip filosofi saya bahwa anda harus menghormati individu manusia. Dia sangat istimewa, tapi dia sangat istimewa bagi saya karena saya telah bekerja dengan dia dan kami melanjutkan hubungan.” (Rizal Surya Pratama)

CATEGORIES
TAGS