Beternak Ayam Kampung pada Masa Pensiun

ayam-kampung

PROBOLINGGO, (tubasmedia.com) – Sebidang lahan di Jalan Merapi, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, dimanfaatkan oleh Agus, pensiunan PNS Kabupaten Probolinggo. Ia beternak ayam kampung di lahan itu dan hasilnya, menggembirakan.

Begitu memasuki masa pensiun sebagai pegawai negeri dua tahun lalu Agus menggeluti bisnis peternakan ayam. Awalnya, dia membuka usaha peternakan ayam broiler. Tapi, belakangan, dia memutuskan beralih ke ayam kampung. Peralihan itu, karena harga pakan ayam broiler naik tajam.

Ketika ditemui tubasmedia.com, baru-baru ini, Agus mengatakan, waktu itu ekonomi lagi sulit. Namun, kondisi demikian tidak mematahkan semangat pria kelahiran Kota Mangga itu untuk bangkit kembali dengan bisnis peternakan ayam.

Di atas lahan yang tidak seberapa luas, Agus memulai usaha dengan segmen pasar secara umum. Beternak ayam kampung tentu agak berbeda dari bisnis ayam broiler, yang mana pasar sudah terbentuk mapan dengan konsumsi skala besar. Agus optimistis menggarap pasar ayam kampung tersebut. (haroem)

Berita Terkait

Komentar

Komentar