BI: Keyakinan Konsumen Menguat di bulan Januari

pasar

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Survei Konsumen Bank Indonesia menunjukkan bahwa keyakinan konsumen menguat pada Januari 2015. Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Januari 2015 tercatat sebesar 120,2, meningkat dari 116,5 pada bulan sebelumnya.

Direktur Departemen Komunikasi BI, Peter Jacobs memaparkan, penguatan tersebut didorong oleh meningkatnya optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi 6 bulan mendatang dibandingkan dengan kondisi ekonomi saat ini, terutama pada aspek kegiatan usaha dan penghasilan.

“Hasil survei juga menunjukkan bahwa konsumen memperkirakan tekanan kenaikan harga pada April 2015 masih mengalami penurunan, dengan penurunan terbesar terjadi pada kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau,” papar Peter, Kamis (12/2/15).

Hal tersebut ditengarai terjadi karena pengaruh penurunan harga BBM bersubsidi pada awal tahun 2015.

Sementara itu, survei mencatat peningkatan penghasilan masyarakat yang lebih tinggi dari peningkatan konsumsi mendorong kenaikan jumlah tabungan pada Januari 2015.

Porsi tabungan terhadap pendapatan (savings to income ratio) pada Januari 2015 adalah sebesar 14,2%, naik dari 13,0% pada bulan sebelumnya. (angga)

Berita Terkait