BI Semarang Survei Data Profil UMKM

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

PURWOREJO, (Tubas) – Bank Indonesia sejak tahun 2008 menyelenggarakan survei data profil UMKM. Survei ini bertujuan untuk menyediakan data dan informasi profil UMKM dibiayai oleh perbankan. Data dan informasi profil UMKM ini diharapkan dapat digunakan oleh berbagai pihak, khususnya perbankan, untuk mempercepat akses layanan keuangan (pembiayaan). Survei ini juga dilaksanakan di seluruh Indonesia dan pada tahun 2011, kantor Bank Indonesia cabang Semarang, Jawa Tengah telah melaksanakan survei di kota Magelang, Purworejo dan Kebumen.

Penyelenggaraan survei ini didasarkan pada Peraturan Bank Indonesia (PBI) No.7/39/PBI/2005 tentang Pemberian Bantuan Teknis dalam rangka pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah. Survei ini dilaksanakan bekerja sama dengan Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang.

Di sela-sela seminar di Hotel Plaza Purworejo, Hendar, SE. MM. dari FE Unissula mengatakan kepada tubasmedia.com, survei ini membantu Bank Indonesia (BI) cabang Semarang untuk pengadaan data, dan profil UMKM yang ada di Wilayah Semarang, Jawa Tengah. Dari hasil survei Universitas Sultan Agung Semarang, sekitar 120 UMKM masuk data di Kabupaten Magelang, Purworejo serta Kebumen.

Kelompok pemberdayaan sektor riil UMKM, kantor Bank Indonesia cabang Semarang, Dandung Tri Marstyo, SE mengatakan, tujuan pemberi bantuan teknis oleh Bank Indonesia adalah membantu pengembangan UMKM. Bantuan teknis dalam bentuk pelatihan atau menyajikan informasi profil UMKM secara online, sehingga dapat digunakan berbagai pihak, khususnya perbankan untuk mendorong fungsi intermediasi dan mempercepat akses layanan keuangan. (ahmad)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.