BKPM “Melirik” Investor Osaka Jepang Di Sektor Maritim

pelabuhan

JAKARTA, (tubasmedia.com)- Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) melirik investor Osaka Jepang di sektor maritim.Pola pendekatannya dilakukan dengan menggandeng Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Osaka untuk menarik minat investor.

Menurut Kepala BKPM, Franky Sibarani, rencananya, roadshow  akan digelar di tiga kota, yakni Osaka, Tokyo dan Nagoya pada 25-29 Mei 2015, untuk menindaklanjuti minat investasi Jepang yang sudah disampaikan ke BKPM.

Dipaparkan, minat investasi Jepang ke Indonesia yang sedang didorong untuk segera memasuki tahap pengajuan izin prinsip sebesar US$10,89 miliar dari sektor kelistrikan, maritim, pertanian, industri padat karya, dan substitusi impor. Sementara, minat investasi yang sedang didorong untuk segera memasuki realisasi konstruksi sebesar US$4,9 miliar dan Rp38,01 triliun.

“Jumlah tersebut termasuk minat investasi yang disampaikan saat kunjungan Presiden Joko Widodo ke Jepang, bulan Maret yang lalu,” kata Franky.

Konsulat Jenderal RI untuk Osaka, Wisnu Edi Pratignyo sendiri sudah menyebut investor Jepang di Osaka dan sekitarnya mulai tertarik untuk berinvestasi di Indonesia. BKPM dan KJRI Osaka pun sepakat untuk bekerja sama menarik investor Jepang.

“Dalam pertemuan, Bapak Konjen menceritakan tentang besarnya minat investor Jepang di wilayah Osaka dan sekitarnya untuk menanamkan modalnya di Indonesia, khususnya di sektor perikanan dan galangan kapal,” jelas Franky, di Osaka, daloam keterangan tertulisnya, Senin (25/5/15).

Dipaparkan lagi, bahwa perwakilan BKPM yang ada di Tokyo akan mengintensifkan koordinasi guna memfasilitasi investor-investor tersebut untuk dapat segera berinvestasi di Indonesia.

Menurutnya, sebagai tindak lanjut dari kesepakatan pertemuan tersebut, perwakilan BKPM di Tokyo dan KJRI Osaka akan rutin menggelar acara seperti investor forum maupun kunjungan kepada investor di wilayah Osaka dan sekitarnya yang sudah menyatakan ketertarikannya untuk menanamkan modal di Indonesia.

Selama ini, kata Franky, investor wilayah Osaka yang mencari informasi potensi investasi di KJRI Osaka senantiasa diarahkan ke perwakilan BKPM di Tokyo. “Ke depan, kami merencanakan untuk proaktif jemput bola mendatangi investor yang ada di Osaka dan sekitarnya,” katanya. (marto tobing)

Berita Terkait

Komentar

Komentar