BRI Jalin Kerjasama Bisnis Perbankan dengan BRM

bri
JAKARTA, (tubasmedia.com) – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) melakukan ekspansi di berbagai bidang layanan perbankan. Kali ini BRI menjalin kerjasama dengan Bank Rakyat Malaysia (BRM).

Mengapa jalinan kerjasama itu dibangun bersama BRM, alasan Corporate Secretary BRI karena Malaysia adalah suatu negara dengan nilai strategis dalam bidang ekonomi,juga mengingat negara serumpun Melayu itu merupakan negara tujuan para tenaga kerja Indonesia (TKI) yang menjadi sumber devisa bagi Indonsia.

Sepanjang periode Januari-Desember 2014, sebanyak 127.827 orang dari total penempatan 429.872 orang TKI ditempatkan di Malaysia. Ini menempati porsi terbesar dari seluruh negara tujuan kerja TKI yaitu 29,73%.

“Di sisi lain Malaysia merupakan negara dengan sumber transaksi remittance terbesar,” jelas Corporate Secretary BRI Budi Satria dalam keterangan tertulisnya, Rabu (3/6/15).

Menurut Budi, sepanjang 2014, nilai transaksi remittance dari Malaysia sebesar US$ 2,54 miliar, atau setara dengan Rp 32,98 triliun. Sehingga menempati porsi 30,43% dari total nilai remittance seluruh negara tujuan kerja utama TKI, sebesar US$ 8,34 miliar atau Rp 103,31 triliun.

Terkait hal itu, Budi menyebutkan, BRI dengan Bank Rakyat, Minister of Domestic Trade, Cooperative and Consumerism melakukan kerjasama, yang secara umum meningkatkan hubungan perdagangan antara pelaku bisnis di Malaysia dengan aktivitas bisnis di Indonesia, terutama di bidang pelayanan perbankan selain itu juga memfasilitasi kemudahan dalam pengembangan dunia usaha bilateral Malaysia dan Indonesia dalam bentuk penyederhanaan birokrasi, kemudahan akses pengembangan usaha. (marto tobing)

Berita Terkait