Brigjen Hendra Terbukti Menghalangi Pengungkapan Kasus Pembunuhan Brigader Yosua

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Brigjen Hendra Kurniawan terbukti menghalangi pengungkapan kasus pembunuhan Brigadir J di rumah Ferdy Sambo. Hal  itu diungkapkan Dirsiber Bareskrim Polri, Brigjen Asep Edi Suheri. Brigjen Hendra Kurniawan katanya masuk dalam salah satu dari 5 klaster peran para polisi terkait CCTV vital dalam kasus tewasnya Brigadir J.

Seperti diketahui kasus kematian Brigadir J tak hanya melibatkan satu dua orang personil Polri, akan tetapi sampai membuat 83 anggota polisi diperiksa. Dari 83 polisi tersebut, ada 6 anggota yang diduga melakukan tindak pidana menghalangi penyidikan atau obstruction of justice.

Dari enam polisi tersebut, masuk nama Ferdy Sambo dan seorang jenderal bintang satu Brigjen Hendra Kurniawan eks Karo Paminal Div Propam Polri.

Brigjen Hendra merupakan sosok yang sempat kena damprat keluarga Brigadir J di rumah duka. Dalam kasus ini, ia bersama Ferdy Sambo termasuk dalam cluster yang memerintahkan menghilangkan rekaman CCTV.

Atas dosanya itu, Brigjen Hendra Kurniawan kini dinonaktifkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dari jabatannya sebagai Karo Paminal Divpropam.

“Penyidik melakukan pemeriksaan mendalam maka terdapat enam orang yang patut diduga melalukan tindak pidana yaitu obstruction of justice atau menghalangi penyidikan,” kata Irwasum Polri Pol Agung Budi Maryoto. di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (19/8/2022).

Pada kesempatan yang sama, Dirtipid Siber Bareskrim Polri Brigjen Asep Edi Suheri menyampaikan pasal yang disangkakan kepada kelima terduga yang melakukan obstruction of justice dalam kasus tewasnya Brigadir J.

“Ancaman hukumannya cukup tinggi atas tindakan tersebut,’’ tegasnya sembari menambahkan bahwa pasal yang disangkakan yaitu pasal 32 dan 33 UU ITE dan pasal 221 serta pasal 223 KUHP juncto pasal 55 dan 56 KUHP.

Saat ini, kelima anggota tersebut telah dilakukan penahanan di Tempat Khusus (Patsus).

Kapolri Jendral Listyo Sogot Prabowo resmi menonaktifkan Karo Paminal, Brigjen Pol.  Hendra Kurniawan dan Kapolres Jakarta Selatan Kombes Budhi Herdi. Nantinya, mereka bakal segera diusut secara pidana oleh penyidik Polri.

“Kelima yang sudah di-patsus-kan ini dalam waktu dekat akan kita limpahkan ke penyidik nanti secara teknis penyidik akan jelaskan persangkaan pasalnya,” pungkas Agung.

Berikut lima orang anggota yang merintangi penyidikan kasus Brigadir J termasuk Ferdy Sambo:

  1. Eks Karo Paminal Polri Brigjen Hendra Kurniawan.
  2. Kombes Agus Nurpatria selaku Kaden A Biropaminal Divisi Propam Polri.
  3. Kompol Baiquni Wibowo selaku PS Kasubbagriksa Baggaketika Rowabprof Divisi Propam Polri.
  4. AKBP Arif Rahman Arifin selaku Wakadaen B Biropaminal Divisi Propam Polri.
  5. Kompol Chuk Putranto selaku PS Kasubbagaudit Baggaketika Rowabprof Divisi Propam Polri. (sabar)

 

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.