Budi Darmadi: Tes Saja Lagi…

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, (TubasMedia.Com) – Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian Budi Darmadi menyarankan produsen Esemka kembali mengajukan mobil tersebut untuk pengujian setelah melakukan beberapa perbaikan. “Kami belum dapat tembusannya tapi tes saja lagi, setelah perbaikan,” katanya.

Budi menjelaskan Kementerian Perindustrian sudah mengeluarkan nomor induk kendaraan untuk salah satu produk Esemka pada 2010. Selain itu, Kemenperin juga telah memberi berbagai bantuan untuk pengembangan sistem produksi perakitan.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaran Bermotor Indonesia (Gaikindo) Sudirman M. Rusdi tetap memberikan apresiasi kepada mobil Esemka meski mobil tersebut belum lolos pada saat uji emisi oleh Kementerian Perhubungan.

“Saya enggan berkomentar soal kegagalan Esemka pada saat uji emisi. Yang pasti Gaikindo tetap memberikan apresiasi atas kreativitas siswa-siswa sejumlah sekolah kejuruan di Solo,” katanya di sela-sela HUT Daihatsu Motor Co Ke-105.

Selama ini, lanjutnya, Esemka terus mendapatkan pembinaan dari sejumlah agen tunggal pemegang merek (ATPM) besar di Indonesia seperti bantuan dari PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

“Daihatsu pernah memberikan bantuan sekitar 126 unit mesin dan 27 unit transmisi kepada sejumlah SMK dan perguruan tinggi serta pendirian balai pelatihan,” katanya. Selain gagal pada uji emisi karbon, Esemka juga gagal lolos untuk uji tipe. (tim)

Berita Terkait

Komentar

Komentar