Bupati Humbahas, Ikut Panen Raya Jagung

Bupati Dosmar Banjarnahor bersama Camat Paranginan Parlin Siahaan di ladang warga Desa Lumban Sianturi

 

DOLOKSANGGUL, (tubasmedia.com) – Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Dosmar Banjarnahor, Rabu  (3006) melakukan  panen raya jagung milik Kelompok Tani (KT) Serasi di atas lahan kurang lebih 5 ha di ladang Pea Desa Lumban Sianturi Kecamatan Paranginan.

Dosmar yang kerab mengajak masyarakat Humbahas untuk lebih giat menanam jagung karena harga jual hasilnya lebih pasti, mengaku merasa puas dengan cara bertanam masyarakat petani dan hasil panennya cukup menggembirakan.

‘’Saya bangga dengan KT Serasi yang mau menerapkan cara bertanam jagung yang benar. Masyarakat di Lumbam Sianturi ini sudah melakukannya dengan benar tentu hasilnya sangat bagus,” kata dia.

Dosmar Banjarnahor didampingi Camat Paranginan Parlin Siahaan dan Pj. KadesLumban Sianturi, Rasmiwaty Galingging mengaku tidak keberatan  selama ini dijuluki jadi Bupati jagung karena sekarang hasilnya sudah dirasakan masyarakat.

“Coba hitung jika per hektar tujuh sampai delapan ton dengan harga sekarang 4.500 rupiah per kg, berarti sudah ratusan juta rupiah hasil KT Serasi,” ucapnya.

Bupati Dosmar Banjarnahor sedang memanen jagung

 

Kata dia, sebaiknya usai memanen jagung sangat baik jika diselang- selingi dengan tanaman kentang dan bawang sebagai tanaman yang merupakan perioritas.

Dijelaskan, pemerintah telah menyediakan alat berat berupa traktor dan alat berat lainnya seperti Excavator dan benih jagung. ‘’Tinggal kemauan kita sekarang untuk lebih giat Bertani,” tambah Dosmar.

Ketua KT Serasi Tahan Sianturi pada kesempatan itu mengatakan agar hasil pertanian mereka lebih maksimal. Dia berharap kepada Bupati supaya distributor pupuk lebih memperhatikan ketersediaan pupuk bersubsidi dan menambah kuota untuk Desa Lumban Sianturi.

KT Serasi memiliki lahan jagung kurang lebih 10 ha yang sedang ditanam mulai dari yang baru hingga yang sedang dipanen.

Camat Paranginan Parlin Siahaan mengaku salut dengan KT Serasi atas kekompakan anggotanya. ”Tentu tidak luput dari perhatian dan pembinaan Pemerintah melalui Dinas Pertanian,”ujarnya. (edison ompusunggu)

Berita Terkait