Bupati Malang: Upayakan Lansia Terus Berkarya

Laporan : Redaksi

ilustrasi

ilustrasi

MALANG, (TubasMedia.Com) – Para lansia adalah aset negara yang telah memberikan dedikasi dan pengabdian kepada bangsa. Memiliki kehidupan lanjut usia yang bahagia, sehat dan aktif, bukanlah sesuatu yang mustahil. Untuk itu diperlukan suatu upaya dalam rangka membangun rasa percaya diri dan motivasi untuk mengusahakan kualitas hidup lansia yang sehat secara fisik dan emosional.

Kegiatan sosialisasi dan pemberdayaan lanjut usia sebagai upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Malang dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional ke-17 Tahun 2013, baru-baru ini, adalah salah satu upaya yang dilakukan oleh Bagian Kesejahteraan Rakyat Malang untuk meningkatkan kualitas SDM para lansia.

Bupati Malang Rendra Kresna ketika membuka sosialisasi itu, mengatakan, menjadi tua adalah kodrat setiap manusia. Sebagai orang tua (lansia) harus diupayakan agar dapat terus berkarya, sehingga menjadi teladan bagi generasi muda. Masyarakat masih membutuhkan sumbangsih dari lansia, baik berupa pemikiran, nasihat maupun pengalaman berharga yang dapat disumbangkan kepada generasi muda untuk berkiprah dalam pembangunan.

Pengabdian terhadap masyarakat, negara dan bangsa tidak mengenal batas usia maupun waktu. Demikian juga para lansia, yang merupakan bagian yang menyeluruh dari bangsa Indonesia, tidak hanya berperan di masa lampau, tetapi saat ini dan di masa mendatang masyarakat masih membutuhkan peran serta lansia.

Selain itu, Bupati Malang memberikan contoh kiprah lansia yang dapat menjadi inspirasi bagi kita semua, seperti, Ibu Herawati Diah dalam usia 95 tahun masih aktif menulis. ”Ibu Titiek Puspa yang jauh lebih tua dari saya, namun masih semangat dan masih aktif menyanyi. Ibu Moeryati Sudibyo, Ibu Martha Tilaar di usianya yang sudah lanjut masih giat dan aktif memimpin perusahaan, Ibu Bustanil Arifin yang memiliki kebun bunga yang sangat luas. Bapak Haryono Suyono yang masih memimpin banyak lembaga sosial, dan masih banyak lagi profil lansia yang masih berperan aktif dan produktif dalam menghasilkan karya-karya yang bermanfaat, dan dapat menjadi inspirasi bagi kita semua,” kata Bupati Malang.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Malang, Drs. Ichwan Machnuni, M.Si., dalam laporannya menjelaskan, kegiatan ini untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan tentang menjadi lansia yang berkualitas. Meningkatkan kesadaran lansia untuk menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat. Meningkatkan motivasi lansia untuk melakukan kegiatan demi masa tua yang sejahtera. (yusron)

Topik :

Berita Terkait

Komentar

Komentar