Bupati Taput Terima Kunjungan Anggota DPRD Sumut IX

TARUTUNG, (tubasmedia.com) – Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Utara, Indra Sahat Simaremare dan seluruh Pimpinan OPD, Rabu (29/07) menerima kunjungan anggota DPRD Sumut IX dalam rangka pendampingan dan pengawasan terhadap pendistribusian bantuan Pemerintah Propinsi Sumatera Utara.

Bupati Taput memaparkan kondisi penyebaran Covid-19 di Taput dimanan kasus Covid-19 dari luar Taput yang dirawat di RSUD Tarutung sebagai rumah sakit rujukan Covid-19 dimana jumlah terkonfirmasi 9 orang dan telah sembuh sebanyak 8 orang dan sudah pulang.

Selanjutnya Bupati memaparkan tentang penyaluran bantuan sembako tahap pertama dari Provinsi Sumut  telah tersalurkan dengan baik didampingi TNI/Polri dimana kualitas dan kualitas sembako terjamin baik.

“Untuk usulan rencana penyaluran bansos penanganan Covid-19 tahap 2 dari Propsu agar diberikan dalam bentuk bantuan program ketahanan pangan maupun peningkatan ekonomi berupa bibit Pertanian ataupun bibit ternak dan benih ikan”, ujar Bupati.

Upaya yang dilakukan pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara dalam mengatasi dampak Covid-19 melalui pembenahan rumah sakit, pembangunan ruang isolasi berkapasitas 25 orang dengan sistem tata udara bertekanan negatif, pembangunan ruang perawatan untuk penanganan Covid-19 berkapasitas 49 tempat tidur, pembangunan ruang operasi penanganan Covid-19,” ujar Bupati.

Ruang isolasi juga dilengkapi dengan peralatan kesehatan, pengadaan instalasi gas medik di ruang isolasi, pengadaan laboratorium TCM (Test Cepat Molekuler) sehingga bisa mengeluarkan hasil Swab.

Di samping sektor kesehatan, Pemkab Taput juga melakukan upaya mengatasi dampak ekonomi demi Ketahanan Pangan melalui pembagian bibit tanaman, mencetak kolam ikan dan benih ikan mas, ikan nila dan ikan lele dengan total  79.720 ekor

Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting dalam kesempatan itu menyampaikan penyaluran bantuan pemprov Sumut berjalan dengan baik.

“Mengenai usulan Bupati Taput agar bantuan tahap kedua berupa bibit untuk program ketahanan pangan di Taput akan segera kami usulkan kepada Gubernur Sumut dan akan bawakan ke dalam rapat,” ujar Baskami Ginting.

Usai acara sambutan, Bupati Taput memberikan cinderamata berupa ulos kepada Ketua dan anggota DPRD Sumut serta staf Sekretariat yang mendampingi. (tony)

Berita Terkait

Komentar

Komentar