Bupati Taput Tolak Program Gubsu Terapkan Konsep Wisata Halal

TARUTUNG, (tubasmedia.com) – Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan menolak keras rencana penerapan konsep wisata halal di Danau Toba. Nikson mengatakan, aturan pengembangan wisata halal dan tidak halal bukan satu tolok ukur berkembangnya wisata Danau Toba.

“Pulau Bali menjadi wisata kelas dunia, tidak ada di sana wisata halal maupun tidak halal. Adat istiadat setempat berjalan semestinya bahkan itulah yang dijual ke wisatawan mancanegara,” kata Nikson, kemarin.

Akan tetapi, Nikson mengapresiasi upaya pembentukan tim percepatan kesuksesan pariwisata kawasan Danau Toba seperti penanganan limbah industri dan limbah rumah tangga dan penataan keramba jaring apung (KJA).

“Ada saatnya nanti kita kepala daerah se-kawasan Danau Toba duduk bicara bagaimana menanganinya, apakah itu bisa berbentuk perda agar warga tidak membuang limbahnya ke Danau Toba,” katanya.

Menurut Nikson, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi hendaknya mempertimbangkan dan mendengar suara masyarakat se-kawasan Danau Toba agar rencana itu dibatalkan.

“Saya yakin Pak Gubsu sangat arif menyikapinya dan juga saya berharap warga se-kawasan Danau Toba tidak perlu kasar dalam menyampaikan pesannya ataupun komentarnya. Mari kita jaga falsafah Dalihan Natolu dengan menunjukkan suku Batak masyarakat yang beradab yakni Anak Ni Raja Boru Ni Raja dan penuh kasih dalam menyampaikan aspirasi,” papar Nikson. (tony)

Berita Terkait

Komentar

Komentar