Butuh Rp 10 Triliun Bangun Kereta Api Rute Sorong-Manokwari

images

JAKARTA, (tubasmedia.com) -Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memulai pengembangan jalur kereta baru di Provinsi Papua Barat untuk rute Sorong-Manokwari sepanjang 390 kilomter (km).

Dalam program percepatan pembangunan jalur kereta Trans Papua, kebutuhan dana untuk membangun jalur tersebut sebesar Rp 10,39 triliun. Kebutuhan dana ini masuk dalam penganggaran tahun 2015 sampai 2019.

“Asumsi kami, dana yang diperlukan Rp 10 triliun,” kata Kepala Sub Bagian Humas dan Kerja Sama Luar Negeri Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Joice Hutajulu, Senin (4/1/2016).

Untuk pembiayaan proyek, Kemenhub masih mengkaji apakah proyek 100% bakal dibiayai oleh Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) atau membuka peluang masuknya investor. Rencananya, proses konstruksi dimulai dari tahun 2018-2019.

Konstruksi akan dilakukan pasca atau berbarengan dengan proses pembebasan lahan yang dimulai tahun 2017-2019. Joice menambahkan, proyek KA di luar Jawa ini diharapkan mampu meningkatkan konektivitas.

“Targetnya bisa turunkan biaya logistik nasional dan naikkan konektivitas,” sebutnya.(roris)

Berita Terkait

Komentar

Komentar