CCTV Pemantau Pelanggar Lalin Diujicoba

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

JAKARTA, (Tubas) – Tingginya tingkat pelanggaran lalu lintas di ibu kota membuat Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencari terobosan untuk menekan pelanggaran yang terjadi. Salah satu upaya yang dilakukan dengan memasang closed cicuit television (CCTV) di perempatan di lampu lalu lintas. Rencananya, uji coba akan dilakukan di lampu lalu lintas Thamrin, Jakarta Pusat.

Sistem yang dinamakan electronic law enforcement (ELE) ini diharapkan akan semakin memudahkan petugas mengawasi pelanggaran lalu lintas untuk kemudian menindaknya. Setiap pelanggaran lalu lintas yang terjadi akan difoto atau direkam oleh CCTV. Lalu foto tersebut dikirim ke data server Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya untuk selanjutnya muncul pada monitor milik petugas.

Koordinator TMC Polda Metro Jaya, Kompol Indra Djafar, mengatakan, saat ini pemasangan CCTV sedang dilakukan di lampu lalu lintas Thamrin. Selanjutnya, pemasangan monitor komputer dan server dilakukan di gedung TMC Polda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan.

Ia yakin, pemasangan alat ini akan lebih efektif ketimbang harus menempatkan anggota di sejumlah titik-titik perempatan. Terlebih, sebanyak 4.500 anggota polantas di jajaran wilayah hukum Polda Metro Jaya telah dikerahkan setiap hari di titik-titik kemacetan guna mengatur lalu lintas.

“Energi kita untuk mengurai kemacetan saja sudah terkuras, apalagi harus mengawasi setiap pelanggaran,” katanya.

Kasubdit Penegakkan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Yakub DK, mengatakan, setelah uji coba ini dinyatakan sukses. Penerapan ELE akan diperluas ke sejumlah tempat lainya. “Nantinya akan dikembangkan seperti di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman-Thamrin dan sepanjang Jalan Gatot Subroto,” ungkapnya.***

Berita Terkait

Komentar

Komentar