Cegah NII, Disdik DKI Awasi Eskul

Laporan : Redaksi

Pengawas Sekolah

Pengawas Sekolah

JAKARTA, (Tubas) – Ada banyak cara dilakukan gerakan Negara Islam Indonesia (NII) memengaruhi calon pengikutnya dengan menyusup ke sekolah. Untuk mencegah kasus tersebut, Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta akan mengawasi kegiatan ekstrakurikuler (eskul) di sekolah, seperti drum band, paduan suara, olahraga dan kegiatan lainnya.

Selain melakukan pengawasan di dalam sekolah, aktivitas tertutup di luar sekolah juga diminta untuk diwaspadai. “Saya sudah instruksikan ke Suku Dinas Pendidikan di masing-masing wilayah. Intinya harus ada pembinaan yang bersifat mental,” kata Taufik Yudi Mulyanto, Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, baru-baru ini.

Taufik menjelaskan, pergerakan organisasi NII sangat tertutup dalam merekrut anggotanya. Bahkan, tidak sedikit anggota yang direkrut melalui aktivitas tertutup dan luput dari perhatian baik di lingkungan pendidikan maupun keluarga. “Aktivitas yang di luar atau di dalam ruangan sekolah harus dipantau,” pintanya.

Pemantauan ini perlu dilakukan, terutama bagi siswa-siswi yang telah mengikuti ujian nasional (UN). Sebab, aktivitas siswa akan berkurang dibandingkan sebelum melaksanakan UN, sehingga rentan mengikuti kegiatan lain untuk mengisi waktu luang.

Disdik DKI Jakarta juga telah menginstruksikan langsung kepada kepala sekolah agar tetap memberi ruang bagi siswa untuk beraktivitas. Sehingga, tidak mudah dimasuki pengaruh yang menyesatkan. “Saya sudah mengingatkan pada sudin yang membina kepala sekolah, harus ada evaluasi khusus,” ungkapnya. (saripudin)

Berita Terkait

Komentar

Komentar