China Miliki 650 Pabrik Khusus Pembuat Mesin Furniture

JAKARTA, (tubasmedia.com)- Hanya untuk memproduksi mesin pemroduksi furniture, China memiliki tidak kurang dari 650 unit pabrik mesin. Ke-650 pabrik pembuat mesin-mesin furniture tersebut terletak di kota Lin Jau China.

Hal itu dikatakan Direktur Industri Hasil Hutan dan Perkebunan (IHHP) Ditjen Industri Agro, Kementerian Perindustrian, Edi Sutopo kepada wartawan di kantornya kemarin.

Dengan keberadaan ke-650 pabrik mesin pembuat mesin pemroduksi furniture tersebut, kata Edi, China kini tampil sebagai negara produsen furniture terkemuka di seluruh dunia.

Mereka Edi Sutopo, China kini sudah bisa dengan cepat membuat mesin dengan type dan rupa apapun sesuai selera produsen sehingga seluruh produk furniture China, selain bermutu tinggi, harganya-pun teramat kompetitif.

‘’Teknologi permesinan China di bidang industri furniture sangat luar biasa dan tidak ada saingannya kecuali Jerman,’’ kata Edi.

Hanya saja katanya, produk Jerman pasti kalah bersaing harga dibanding China karena China mengoperasikan mesin buatan sendiri yang bekerja secara efisien.

Bayangkan, kata Edi, ada satu unit mesin pemroduksi furniture, cara kerjanya sangat cepat, hitungan mesin dan sekali bergerak bisa mengeluarkan tujuh rupa produk. Di bidang pengecatan juga demikian, hitungannya semua menit tidak ada hitungan jam.

Jadi lanjut Edi,produsen furniture di China sangat dimanjakan fasilitas, baik itu mesin, bahan baku dan juga teknologi, sudah mereka kuasai semua.

‘’Nah, kita harapkan dengan adanya peran China-Amerika, China mau merelokasi sebagian industri furniturenya ke Indonesia untuk kemudian China mengisi pasar Amerika melalui Indonesia,’’ jelasnya. (sabar)

 

 

 

Berita Terkait

Komentar

Komentar