China Siap Bantu Indonesia Menghadapi Virus Corona

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Sejumlah negara sahabat, salah satunya China, menawarkan bantuan bagi Indonesia dalam rangka menekan penyebaran wabah virus corona ( Covid-19).

Tawaran bantuan itu diapresiasi positif. “Pemerintah Indonesia menyampaikan apresiasi atas perhatian serta keinginan untuk membantu masyarakat Indonesia,” ujar Direktur Asia Timur dan Pasifik Santo Darmosumarto kepada wartawan, Kamis (19/3/2020).

Namun, Santo memastikan, pemerintah Indonesia tidak akan langsung menerima tawaran bantuan dari China dan negara lain itu. Kementerian Luar Negeri sedang berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona, Kementerian Kesehatan dan sejumlah kementerian/ lembaga lainnya untuk mendata apa saja bantuan yang dibutuhkan dalam menekan wabah virus corona.

Inventarisasi ini dilakukan agar bantuan tersebut efektif dan tepat sasaran. “Koordinasinya, terutama apa yang diperlukan dan juga kesanggupan dan kesediaan yang ingin menyumbang kepada Indonesia,” lanjut dia.

Diberitakan sebelumnya, Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian menegaskan, China siap membantu Indonesia dalam menghadapi pandemi virus corona jenis baru yang menyebabkan penyakit Covid-19. “Kami juga siap bekerja sama dengan Indonesia dan memberikan bantuan semaksimal mungkin bagi Indonesia untuk menangani pandemi ini,” kata Qian.

Qian menegaskan, solidaritas dan kerja sama adalah senjata umat manusia paling ampuh untuk mengalahkan bencana.

Ketika awal merebaknya virus corona di Kota Wuhan, China mendapatkan bantuan dari sejumlah organisasi internasional dan negara sahabat.

“Ada 62 negara, termasuk Indonesia, dan tujuh organisasi internasional menyumbang masker, baju pelindung dan barang kebutuhan darurat lain,” kata Qian.

Bantuan itu merupakan dukungan berharga bagi China dalam pertempuran melawan epedemi ini. Ia menegaskan negaranya tidak akan pernah melupakan uluran tangan masyarakat internasional. “Kini, kami juga siap membantu negara lain,” kata dia.(red)

Berita Terkait

Komentar

Komentar