Corona di Hong Kong Reda, Tapi Tetap Melarang Kumpul Lebih dari 4 Orang

JAKARTA, (tubasmedia.com) – ┬áPerkembangan baik terhadap penanganan virus corona membuat Hong Kong memutuskan para Pegawai Negeri Sipil (PNS) bisa kembali bekerja di kantor mulai minggu depan.

Keputusan tersebut didasarkan pada fakta bahwa tidak ada kasus baru virus corona dalam empat hari beruntun sejauh ini.

Dengan kembalinya PNS bekerja di kantor, pelayanan pemerintahan bisa kembali beroperasi di jam normal. Keputusan ini didasarkan pada penanganan pandemi corona yang sudah mulai bisa diatasi dengan baik.

Namun Hong Kong tak langsung menurunkan pembatasan yang telah mereka buat. Sekolah-sekolah tetap tutup sedangkan fasilitas publik seperti arena olahraga terbuka, perpustakaan dan museum bisa kembali dibuka.

Pemimpin Eksekutif Hong Kong, Carrie Lam menyatakan pihaknya tetap berada dalam kondisi waspada meski melonggarkan sejumlah aturan ketat yang telah dibuat.

“Situasi saat ini fluktuatif dan WHO juga menegaskan hal yang sama. Kami harus terus dalam kondisi siap dan tidak melonggarkan aturan sekaligus, melainkan secara bertahap.”

“Dalam kondisi melonggarkan aturan, ketika ada kebutuhan [mendesak], kami harus siap untuk kembali memperketat aturan. Kami baru benar-benar bisa santai ketika sudah ada vaksin dan mayoritas dari populasi punya kekebalan [terhadap virus],” kata Lam seperti dikutip dari Strait Times.

Sejauh ini Hong Kong masih melarang lebih dari empat orang untuk berkumpul dan tetap menutup gym serta bioskop. Peraturan ini diperpanjang hingga 7 Mei mendatang. Sedangkan orang-orang yang datang dari China wajib menjalani karantina selama 14 hari.

Menurut data Worldometer, Hong Kong mencatat 1.038 kasus positif corona dengan total kematian empat orang. (red)

Humbanghas
Humbanghas

Berita Terkait

Komentar

Komentar