Cuaca Buruk, Nelayan tidak Melaut

1418349307-jpg2

KRUI, (tubasmedia.com) – Ribuan nelayan Pesisir Barat gagal melaut akibat cuaca buruk. Mereka terpaksa tidak bisa mencari nafkah dan hanya mengharap bantuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat.

Untuk menanggulangi nasib para nelayan tersebut Pemkab  melalui Dinas Sosial Pesibar  akan memberikan bantuan minimal setengah kilogram beras setiap hari selama tiga bulan terhitung dari bulan Oktober-Nopember dan Desember 2016.

Selain tidak bisa melaut para nelayan mengeluhkan sarana dan prasarana  alat tangkap akibatnya penghasilan mereka berkurang. Saat dikonfirmasi tentang kehidupan dan keluhan ribuan nelayan itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Pesibar, Hasnul Abrar mengungkapkan pihaknya telah mendata nelayan yang tidak bisa melaut. Diperkirakan 3.000 orang. Jumlah tersebut telah diajukan kepada Dinas Sosial Pesisir Barat.

“Ajuan kita telah direspon Dinas Sosial Pesibar,mudah-mudahan nelayan akan mendapat bantuan setengah kilogram beras setiap harinya selama  tiga bulan, jika diuangkan dana yang diberikan kepada 3000 nelayan  mencapai  Rp 675 juta. Untuk keluhan kurangnya  alat tangkap Pemkab setiap tahun telah memberikan bantuan rata-rata 10 unit jaring,’’ katanya.

Ditanya tentang perahu yang tak laik laut, dikatakan pihaknya telah memberikan kepada nelayan. Namun tidak setiap  tahun karena keterbatasan dana. (agustiawan)      

 

Berita Terkait

Komentar

Komentar