Dana Tugas Bantuan Optimalkan Lahan Pertanian

 H. Budi Budiman

H. Budi Budiman

TASIKMALAYA, ( tubasmedia.com) – Wali Kota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman, mengakui Pemkot Tasikmalaya mendapat bantuan dana tugas pembantuan (TP) untuk mengoptimalkan lahan-lahan pertanian yang saat ini mem¬butuhkan irigasi.

Kementerian Pertanian (Kementan) mengucurkan anggaran sebesar Rp 1,5 Miliar kepada Pemerintah Kota Tasikmalaya yang diperuntukkan bagi perbaikan irigasi pertanian.

Nilainya bantuan yang kita dapat dari Kementan senilai Rp 1.5 Miliar dengan rincian Rp 1 juta per hektar, hal ini dikatakan Wali Kota pada tubasmedia.com kemarin.

Meski bantuan anggaran tersebut tidak terlalu besar, namun harus menjadi stimulun terhadap partisipasi petani. Agar selalu bergotong royong memperbaiki irigasi disetiap Gapoktan. “Saya harap tidak dilihat dari besar kecilnya bantuan, tetapi harus jadi perangsang bagi petani mengembangkan lahan pertanian didaerah Kota Tasikmalaya, ” kata Budi.

Salah satunya dipergunakan untuk memperbaiki setiap irigasi pertanian, supaya memenuhi kebutuhan air bagi persawahan. ”Apabila cakupan air cukup besar dan terpenuhi, diharapkan bisa berbanding lurus dengan produktivitas hasil pertanian,” ungkapnya.

ia pun meminta Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan mengawasi langsung proses penyaluran serta pelaksanaan bantuan tersebut. ”Tetap dinas harus mengawasi agar bisa sesuai dengan target yang diharapkan,” terangnya.

Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Tasikmalaya Ir Dedi Supriadi mengatakan bantuan anggaran tersebut diperuntukkan bagi 10 Gapoktan yang tersebar disetiap kecamatan di wilayah Kota Tasikmalaya. “Namun besaran nominal bantuan tidak akan merata, sebab disesuaikan dengan kebutuhan setiap Gapoktan,” tandasnya. (hakri)

Berita Terkait