Data Dasa Wisma yang Masuk Baru 20 %, Sehingga Harus Jemput Bola

DOLOKSANGGUL, (tubasmedia.com) – Untuk mempercepat penanganan stunting, sistem Informasi Dasa Wisma sangat dibutuhkan. Pasalnya hingga saat ini data Dasa Wisma yang masuk masih 20 %. Karenanya, kami harus turun jemput bola  bersama Operator tingkat Desa untuk mempercepat masukbya data dimaksud.

Hal itu disampaikan  Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Humbang Hasundutan (Humbahas), Ny.Oloan Paniaran Nababan Erna Simbolon pada acara sosialisasi Dasa Wisma di Aula Kantor Camat Paranginan, Selasa 9/3.

Dia menyebutkan kendati baru dilantik menjadi Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Humbahas pada Kamis 26/2 oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumut, pihaknya harus turun jemput bola untuk mempercepat masuknya data Dasa Wisma dalam rangka percepatan penanganan stunting.

Selain mengenai Informasi Dasa Wisma dan stunting, katanya mereka juga hadir bersama Tim Penggerak PKK yang lainnya yang akan memberikan penjelasan tentang peternakan dan perikanan secara langsung untuk mendorong perekonomian masyarakat dengan program pelayanan yang dimulai semua  dari Dusun.

Sementara itu, Camat Paranginan, Parlin Siahaan ST dalam sambutannya mengatakan bahwa Camat dan seluruh kepala desa/BPD se-Kecamatan Paranginan mendukung program  Dasa Wisma dengan menganggarkan alokasi dana dari APBDes. Termasuk program Stop BABS. “Kita akan mengalokasikan anggaran dari dana desa dalam pembangunan jamban di desa yang belum Stop BABS minimal 10 jamban setiap desa,” terangnya.

Menurutnya, dalam hal penanganan stunting  akan mendukung secara maksimal dan saat ini langkah awal dengan membentuk tim di desa Bersama-sama dengan pihak UPT Puskesmas  Kecamatan dalam pemaksimalan data stunting dengan door to door.

“Tentang juknis penanganan stunting akan dikomandoi pihak dinas kesehatan Kabupaten Humbahas Bersama-sama dengan pihak kecamatan dan desa. Informas Data Dasa Wisma ini menjadi monografi Desa dengan ketersediaan informasi tentang masyarakat Desa,’’ tambah Parlin.

Acara Sosialisasi system Informasi Dasa Wisma ini dihadiri seluruh Operator Desa dan Ketua Tim Penģerak PKK Desa Kecamatan Paranginan.(edison ompusunggu)

Berita Terkait

Komentar

Komentar