Desa Segaran, Juara Lomba Desa 2011

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

KARAWANG, (Tubas) – Setelah ditetapkan sebagai pemenang dalam Lomba Desa Tingkat Kabupaten, Desa Segaran, Kecamatan Batujaya didaulat untuk menjadi wakil Kabupaten Karawang dalam Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2011. Atas dasar tersebut, Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Provinsi mengadakan peninjauan langsung ke Desa Segaran, Rabu (18/5).

Kedatangan rombongan yang diketuai Drs. Momon Suherdiamansyah, M.Si tersebut diterima Wakil Bupati Karawang, dr. Cellica Nurrachadiana di Balai Desa Segaran. Sejumlah tokoh agama dan masyarakat serta aparatur pemerintahan turut mendampingi Wakil Bupati dalam kesempatan tersebut.

Wakil Bupati Cellica Nurrachadiana mengatakan, Desa Segaran yang terletak di Kecamatan Batujaya merupakan juara Lomba Desa Tingkat Kabupaten Karawang Tahun 2011. “Dan saat ini, Desa Segaran, baik aparatur maupun masyarakatnya, telah siap untuk mengikuti lomba desa/kelurahan di tingkat Provinsi Jawa Barat,” ujarnya.

Wakil Bupati menjelaskan, dalam mengikuti lomba tingkat provinsi tersebut, Desa Segaran telah melakukan berbagai macam upaya melalui pembinaan-pembinaan yang terus disempurnakan, baik mengenai administrasi desa maupun pembangunan fisik. “Hal ini disesuaikan dengan ketentuan dan petunjuk dari tim penilai tingkat kabupaten dan tim penilai lomba desa tingkat provinsi,” jelasnya.

Pemerintah Kabupaten Karawang sendiri, lanjut Wakil Bupati, telah melakukan berbagai upaya guna meningkatkan pembangunan masyarakat desa khususnya pada akselerasi pencapaian delapan target program yang diperlombakan.

“Di antaranya di bidang Pendidikan, Kesehatan masyarakat, Ekonomi masyarakat, Keamanan dan ketertiban, Partisipasi masyarakat, Pemerintahan, Lembaga kemasyarakatan, serta Pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Desa Segaran, Rusli H.N. menjelaskan bahwa Desa Segaran merupakan Desa Wisata Sejarah yang terletak di Kecamatan Batujaya. Desa ini memiliki situs percandian seluas 5.000 hektar, dan saat ini baru terdapat dua situs percandian yang telah digunakan, yaitu situs Candi Jiwa dan situs Candi Blandongan. (agus safutra)

Humbanghas
Humbanghas

Berita Terkait

Komentar

Komentar