Desa Siponjot Lintongnihuta Tanda Tangani MoU dengan Polytehnik WBI dan Lemhades

Deka Silaban saat memberi cinderamatan kepada Direktur Politeknik WBI

 

DOLOKSANGGUL, (tubasmedia.com) – Untuk  mewujudkan desa yang mandiri, Desa Siponjot, Kecamatan Lintongnihuta, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara, di bawah kepemimpinan Kepala Desa yang baru Deka Seply Silaban melakukan pembenahan yangiInovatif demi pengembangan desa yang lebih mandiri melalui pengembangan SDM aparatur desa, peningkatan pendidikan, pemberdayaan masyarakat hingga pengembangan BUMDes melalui tanaman pangan hortikultura.

Hal itu ditandai dengan penandatanganan MoU kerja sama dengan Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia (WBI) dan Lembaga Ketahanan Desa (Lemhades) Nawacita, baru baru ini di Desa Siponjot.

Penandatanganan kerjasama MoU itu dihadiri Direktur Politeknik WBI Dr Jeni Elisabet, Ketua Dewan Penasehat Lemhades Nawacita Leo Panjaitan, Bupati Humbahas diwakili Kabag Tapem Setdakab Budi Simamora, Kadis PMDP2A Humbahas diwakili Frans Judika Pasaribu, anggota DPRD Humbahas Normauli Simarmata, Ketua LPM Desa Siponjot, Edison Silaban.

Kepala Desa Siponjot, Deka Seply Silaban kepada tubasmedia.com mengatakan, bahwa kerjasama MoU dengan lembaga pendidikan Politeknik WBI dan Lemhades Nawacita sebagai peluang sekaligus gerbang menuju Siponjot sebagai desa yang mandiri.

Sebagai wujud MoU tadi, secara perdana warga Desa Siponjot mengirim hasil  bumi (pertanian) dan produk UMKM melalui MSA Kargo ke Jakarta. Hasil pertanian dan produk UMKM ini akan dipasarkan oleh pihak Politeknik WBI.

Dijelaskan, bahwa dalam MoU dengan Politeknik WBI juga memberikan beasiswa penuh bagi tiga orang warga Siponjot yang menimba ilmu di Politeknik WBI. Juga melakukan pendampingan, pengembangan dan pemasaran tanaman pangan hortikultura.

Bahasa Inggris

Kata Kades Siponjot, Deka Silaban yang juga mantan Anggota DPRD Humbahas tentang pendampingan pengambangan tanaman pangan hortikultura,  pihak Politeknik WBI menurunkan tiga mahasiswa melakukan KKN (Kuliah Kerja Nyata) di Desa Siponjot.

KKN ini akan mendampingi para petani. Sementara untuk mendukung, les private bahasa Inggris tingakat SD, pihak Politeknik WBI akan menyusun silabus dan membagikan buku pembelajaran bahasa Inggris.

Selanjutnya Lemhades melakukan pendampingan pengembangan BUMDes, UMKM, pemberdayaan masyarakat desa dan peningkatan SDM.

“Program kerja yang kita lakukan gayung bersambut dengan Politeknik WBI dan Lemhades. Sebab, menuju desa yang mandiri, hal utama yang kita prioritaskan adalah peningkatan pendidikan formal dan non formal, pengambangan SDM dan pemberdayaan masyarakat desa,” sebutnya.

Mewujudkan desa mandiri, katanya, pendidikan merupakan pondasi utama. Tanpa Pendidikan, kemandirian akan menjadi hal mustahil. Untuk peningkatan pendidikan, khususnya bahasa Inggris, saat ini pemerintah desa memberikan stimulan dari dana desa.

Deka Silaban saat menandatangani MoUdengan pihak WBI

“Karena keterbatasan anggaran dan aturan yang mengikat, biaya les bahasa Inggris, setengahnya dibantu dana desa dan setengahnya lagi orangtua peserta private. Ke depan, les private bahasa Inggris ini akan dikembangkan kepada siswa tingkat SMP dan SMA sehingga kedepan siswa Desa Siponjot fasih berbahasa Inggris dan dapat bersaing secara kompetitif,” kata Kades pemilik lahan pertanian puluhan ha ini.

Sebelumnya, Direktur Politeknik WBI, Jeny Elisabet menyambut baik kerjasama MoU dengan Desa Siponjot. Dengan MoU ini akan tercipta simbiosis mutualisme dan peningkatan SDM di Desa Siponjot.

Dijelaskan,bentuk kerjasama ini, pihaknya akan memberikan beasiswa kepada mahasiswa asal Siponjot sebesar Rp 700 ribu per bulan. Penerima beasiswa tadi minimal

Senada juga disampaikan Ketua Dewan pembina, Lemhades Nawacita Leo Panjaitan. Dalam kerjasama ini, pihaknya

berkomitmen melakukan peningkatan SDM Desa Siponjot. Mempersiapkan aparat desa jadi pemimpin . Mempersiapkan perangkat desa yang kompeten serta pendampingan pengembangan BUMDes.

Ketua LPM Desa Siponjot,  Edison Silaban mengaku bangga dan kepada kades yang berinovasi dan  memprakarsai kerjasama MoU. Harapannya, ke depan masyakat lebih sejahtera dan peningkatan SDM. (edison ompusunggu)

Berita Terkait