Dibutuhkan Pemimpin Tegas

Laporan: Redaksi

ilustrasi

Emrus Sihombing

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Sikap tegas dengan nada marah pemimpin seperti yang ditunjukkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ketika memergoki pungutan liar di jembatan timbang Subah baru-baru ini, amat dibutuhkan, untuk mengurai masalah yang melilit kalangan birokrat kita.

Hasil inspeksi mendadak Gubernur Jateng itu harus ditindaklanjuti oleh Ganjar dan pemerintah pusat agar tidak terulang lagi.

Pakar komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH), Emrus Sihombing, kepada tubasmedia.com di Jakarta, Kamis (1/5}, mengatakan, dari sudut kepemimpinan apa yang diperlihatkan oleh Ganjar Prabowo, apalagi sampai ikut membuka laci petugas Dinas Perhubungan, memang kurang tepat. Tapi, sebagai shock therapy, agar pelaku jera dan tidak ditiru oleh rekan-rekannya, amat perlu.

Ia menegaskan, hasil sidak itu mesti ditindaklanjuti, terutama membuat sistem yang transparan. Jangan lagi terjadi penyelesaian pelanggaran dalam bentuk pungutan liar. Pelanggar kelebihan muatan mesti dihukum. Peraturan mesti ditegakkan.

Menurut Emrus, jika semuanya sudah berjalan sesuai ketentuan, rasanya tak diperlukan lagi gaya pemimpin yang bersikap marah. Tapi, untuk saat ini, saya dukung gaya demikian, kata Emrus. (ender)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.