Diharapkan, Pembangunan Jalan Tol di Priangan Timur

jalan-tol

TASIKMALAYA, (tubasmedia.com) – Jika rencana pembangunan Bandara Wiriadinata di Kota Tasikmalaya terealisasi, maka manfaatnya akan dirasakan oleh seluruh daerah di wilayah Priangan Timur.

Jalur transportasi yang memadai sangat berpengaruh terhadap kemajuan daerah. Oleh karena itu, pembangunan jalan tol di wilayah Priangan Timur sangat diharapkan. Termasuk pembangunan bandar udara dan fasiilitas transportasi lainnya. Untuk itu diharapkan kerja sama antardaerah guna mengisi kekurangan dan kelebihan suatu daerah.

Demikian dikatakan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya, Wahyu Purnama, pada acara seminar bertema “Penguatan Koordinasi dan Kerjasama Antar Daerah Guna Mendukung Pembangunan Perekonomian Priangan Timur yang Berkualitas dan Berkelanjutan” di Gedung BI Tasikmalaya, Selasa (13/1/2015).

Kemajuan beberapa daerah di Priangan Timur, seperti, Kabupaten Tasikmalaya, Ciamis, Garut, Pangandaran, dan Kota Banjar, akan punya kepentingan yang sama untuk memajukan ekonomi daerah masing-masing. “Pembangunan perekonomian itu bisa saling bersinergi jika tidak mementingkan daerah masing-masing. Terutama kerja sama dalam hal infrastruktur,” kata Wahyu.

Dikemukakan, BI akan mengadakan Tasikmalaya Creative Festival (TCF) untuk mengembangkan seni dan budaya serta membangkitkan usaha kreatif di daerah Priangan Timur, khususnya di Tasikmalaya.

Sementara itu, Wali Kota Tasikmalaya Dede D mengatakan, Kota dan Kabupaten Tasik, Ciamis, Pangandaran dan Kota Banjar tidak bisa berjalan sendiri-sendiri dalam memajukan daerahnya. Kerja sama antardaerah sangat diperlukan. Dikemukakan, Pemkot Tasikmalaya menyambut baik kerja sama antardaerah di Priangan Timur, yang digagas oleh BI Perwakilan Tasikmalaya.

Bupati Ciamis Iing Syam Arifin mengatakan, Kota Tasikmalaya memiliki potensi sebagai sentral ekonomi di Priangan Timur. Sebagai upaya meningkatkan perekonomian di Priangan Timur, pihaknya akan membangun jembatan di atas bendungan Leuwi Kris di Manonjaya.

Iing sepakat menjalin kerja sama antardaerah untuk memajukan Priangan Timur. “Kita berusaha meningkatkan nilai tambah dari segi ekonomi dengan cara bekerja sama berbagai daerah di antaranya Kota Tasikmalaya,” kata Iing. (hakri miko)

Berita Terkait