Diperkirakan Puncak Arus Balik dari Jabar, Minggu

14195900000-

BANDUNG, (tubasmedia.com) – Corporate Communication PT Jasa Marga, Dwimawan Heru Santoso, AVP memperkirakan, puncak arus balik di Jawa Barat (Jabar) terjadi Minggu (10/7/2016), terutama kendaraan pemudik menuju Jakarta via Tol Jakarta – Cikampek (Japek), Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) dan Tol Jakarta – Tangerang.

Dwimawan menjelaskan, pada puncak arus balik, lonjakan kendaraan diperkirakan masuk dari jalur utara, tengah, selatan dan barat akan melintasi Gerbang Tol (GT) Cimanggis Utama – Tol Jagorawi sebanyak 81.000 lebih, sedangkan yang melintasi GT Karang Tengah Tol Jakarta-Tangerang sebanyak 99.000 lebih.

“Lonjakan signifikan terjadi di GT Cikarang Utama – Tol Japek yakni sebanyak 115.000 lebih atau meningkat 52,05 persen kendaraan dibanding volume lalu lintas harian,” ujar Dwimawan dalam keterangan tertulis PT Jasa Marga yang diterima redaksi, Jumat (8/7/2016).

Khusus mengantisipasi kepadatan di Tol Japek tepatnya antrean kendaraan di GT Cikarang Utama, pihaknya telah membuat sejumlah antisipasi. Di antaranya, melakukan buka tutup tempat istirahat di ruas Tol Japek tepatnya di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) 62B, Tempat Istirahat (TI), 52B, TIP 42B dan TI ruas Tol Purbaleunyi TIP 97B.

“Lalu pengaturan lalu lintas di GT Cikarang Utama 2 dan 3 dengan mengarahkan kendaraan keluar GT Cikarang Barat 2 kemudian masuk menuju Jakarta melalui GT Cikarang Barat,” katanya.

Selain itu, antisipasi kepadatan dengan contra flow di Tol Japek juga akan dilakukan dengan berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

Contra flow katanya di sekitar TI KM 68+000 sampai dengan 50+000 dan km 44+800 hingga 39+000 Jalur B atau arah Jakarta.

Berhubung Tol Japek ini merupakan muara kendaraan dari Tol Purbaleunyi dan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), pihaknya juga akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian terkait hal itu.

“Pengaturan lalu lintas kendaraan di km 66 yang merupakan pertemuan arus dari Purbaleunyi dan arus dari Cikampek,” tambahnya.

Jasa Marga, kata dia, mengimbau masyarakat agar tetap hati-hati dan bisa mengakses jalur alternatif di luar tol. Termasuk, menyarankan pemudik untuk menggunakan e-toll card sebagai alat pembayaran.

“Gunakan jalur alternatif dan pastikan perbekalan makanan dan BBM cukup karena Tempat Istirahat dan Pelayanan (TI/TIP) akan diberlakukan buka tutup,” katanya.(red)

Berita Terkait

Komentar

Komentar