Diskoperindag Tekan Inflasi Lokal

Laporan: Redaksi

ilustrasi

ilustrasi

BOGOR, (TubasMedia.Com) – Untuk menghindari terjadinya inflasi menjelang hari raya Idul Adha, Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Bogor, Jawa Barat membantuk Tim Pemantau Inflasi Daerah (TPID). Tim ini bertujuan untuk mencegah terjadinya inflasi yang dapat mengancam ekonomi masyarakat Kabupaten Bogor.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Irawadi mengatakan, pembentukan TPID semata mata untuk mencegah terjadinya kejahatan ekonomi seperti penimbunan dan permainan harga yang dilakukan oleh oknum yang mencoba mengambil keuntungan pada setiap hari hari besar keagamaan.

Dia mencontohkan harga daging sapi saat ini naik lima ribuan per kg dan hal tersebut dilakukan pedagang karena Idul Adha harga daging sapi diperkirakan akan anjlok. “Mereka menaikan harga sekarang karena para pedagang tahu harga daging sapi akan anjlok” katanya.

TPID akan memantau secara langsung ke lapangan. Jika ditemukan kecurangan harga maka akan ditindak sesuai prosedur dan semuanya akan diperhatikan secara detil jalannya transaksi. Irawadi menambahkan anggota TPID nantinya akan diambil dari beberapa dinas dan juga aparat untuk melengkapi fungsi dari TPID. Pembentukan TPID kini sedang memasuki tahap pembahasan untuk menjadi peraturan bupati (Perbub) dan ditargetkan akan selesai pada tahun 2014 mendatang. (syamsul)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.