Disperindag dan Bulog Antisipasi Pendistribusian Sembako Jelang Ramadhan

ilustrasi

SEMARANG, (tubasmedia.com) – Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jateng Wahyu Miatiningsih mengatakan bahwa pendistribusian sembilan bahan kebutuhan pokok (sembako) lancar menjelang bulan Ramadhan.

Menurutnya, “panic buying” atau melakukan pembelian dalam jumlah banyak karena khawatir kehabisan hanya akan mengganggu pasokan. Oleh karena itu, pihaknya berharap agar masyarakat lebih menahan diri untuk tidak mudah khawatir akan kehabisan barang.

“Sejauh ini cukup untuk melayani kebutuhan masyarakat, harapannya tidak ada “panic buying” dari kalangan masyarakat, kenaikan harga tergantung dari distribusi barang itu sendiri, jadi selama masyarakat membeli barang sesuai dengan kebutuhan, kami memastikan tidak akan ada kenaikan harga” katanya, Jumat (29/5/2015).

Sementara itu, Kepala Bulog Divisi Regional Jateng Damin Hartono mengatakan Bulog melakukan sejumlah langkah antisipasi sebagai persiapan memasuki bulan puasa dan Lebaran. Salah satu yang dilakukan adalah memantau harga beras di tingkat konsumen di pasar-pasar strategis guna mempersiapkan langkah-langkah selanjutnya.

“Kami juga mengoptimalkan peran satuan petugas dan UPGB (unit pengolahan gabah beras) untuk membeli gabah maupun beras asalan diolah sesuai ketentuan kualitas HPP (harga pembelian pemerintah),” katanya.

Bulog juga sudah mempersiapkan dana sebesar Rp30 miliar untuk pembelian beras premium yang rencananya akan digunakan untuk persiapan operasi pasar dan memenuhi stok Bulogmart.

“Operasi pasar ini dilakukan jika sewaktu-waktu harga beras mengalami kenaikan, jenis beras yang digunakan yaitu jenis premium,” katanya. (riska)

Berita Terkait