Site icon TubasMedia.com

Dosmar; Petani Sejahtera, Pemerintah Juga Untung

DOLOKSANGGUL, (tubasmedia.com) – Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor mengatakan, jika petani sejahtera, pemerintah juga kebagian keuntungan.

Hal itu disampaikan bupati saat  menyaksikan penandatanganan perjanjian kerjasama program umbi bertehnologi, pengembangan food estate antara off taker dengan Kelompok Tani di Desa Hutajulu Kecamatan Pollung, Kamis 24/2.

Penandatanganan naskah kerjasama itu disaksikan juga oleh Kepala BWS Sumatera Utara II, Manager Lapangan Food Estate Sumatera Utara, Kepala Dinas Pertanian, Camat Pollung, PPL WKPP Desa Hutajulu, CV Javamas Agrophos, PT Agricon Indonesia, PT Daya Santosa Rekayasa, PT Eden Pangan Indonesia, PT Indofood dan anggota Kelompok Tani.

Keberhasilan panen menurut Dosmar sangat diharapkan semua pihak. Karena itu para pihak bersinergi antara kelompok tani, off taker dan pemerintah serta stake holder lainnya, tidak ada yang utama.

Jikalau ada kendala dan hambatan dapat disampaikan kepada pemerintah Humbahas dan aparat Pemda akan secepatnya menangani permasalahan yang ada.

Dengan kerjasama ini, lanjut Dosmar, petani tidak perlu khawatir lagi. Pasalnya hasil panen sudah jelas pemasarannya dijamin off taker. “Tidak seperti ketika kita menanam cabe dan tomat misalnya setelah panen kepastian harga tidak terjamin. Tetapi dengan kerjasama ini pemasaran hasil pertanian sudah terjamin,’’ tambahnya.

Selanjutnya Dosmar mengatakan bahwa para petani secara umum adalah petani gurem  seperti kemenyan, cabe dan lainnya. ‘’Tetapi sekarang supaya lebih fokus asalkan para petani mengikuti  aturan yang disampaikan off taker karena kita dibantu mulai dari bibit, pupuk pengolahan dengan teknologi,”jelasnya. (edison ompusunggu)

 

Exit mobile version